Sumber Data SIG

Yuk, Kita simak video Sumber Data SIG dibawah ini!

Sistem Informasi Geografis (SIG) sebagai salah satu bidang ilmu yang tergolong baru, saat ini telah mampu menyelesaikan masalah routing, baik untuk masalah pencarian rute terpendek (shortest path), maupun masalah TSP (travelling salesman problem). Sumber Data (SIG) Sistem Informasi Geografis atau Geographic Information Sistem (GIS) sendiri merupakan sebuah sistem berbasis komputer yang memiliki fungsi untuk menyimpan, mengolah, dan menganalisis data-data informasi geografis.

Seiring perkembangan zaman sistem informasi geografis dangat diperlukan di berbagai bidang kehidupan. Sebelum adanya SIG informsi mengenai permukaan bumi disajikan dalam bentuk peta manual (dibuat manusia) akan tetapi di zaman sekarang data-data permukaan bumi dapat dibuat menjadi sebuah peta digital melalui komputer menggunakan SIG.

SIG memerlukan data masukan agar berfungsi dan memberikan informasi hasil analisisnya.

Data masukan tersebut dapat diperoleh dari tiga sumber, yaitu; (a) lapangan, (b) peta, dan (c) citra penginderaan jauh.

  1. Data lapangan. Data ini diperoleh langsung dari pengukuran lapangan secara langsung, seperti misalnya pH tanah, salinitas air, curah hujan, jenis tanah, dan sebagainya;
  2. Kemudian, Data peta. Informasi yang lebih terekam pada peta kertas atau film, dikonversikan ke dalam bentuk digital. Misalnya, peta geologi, peta tanah dan sebagainya. Apabila data sudah terekam dalam bentuk peta, tidak lagi diperlukan data lapangan, kecuali untuk mengecek kebenarannya.
  3. Data citra pengideraan jauh. Citra penginderaan jauh yang berupa foto udara atau radar dapat diinterpretasi terlebih dahulu sebelum dikonversi ke dalam bentuk digital. Sementara itu, citra yang diperoleh dari satelit yang sudah dalam bentuk digital dapat langsung digunakan setelah diadakan koreksi seperlunya.

ketiga sumber tersebut saling mendukung satu terhadap yang lain. Data lapangan dapat digunakan untuk membuat peta fisis, sedangkan data penginderaan jauh juga memerlukan data lapangan untuk lebih memastikan kebenaran data tersebut. Jadi ketiga sumber data saling berkaitan, melengkapi dan mendukung, sehingga tidak boleh ada yang diabaikan.

Sumber Data SIG
Gambar :  komponen sistem informasi geografis
Sumber : https://www.pelajaran.co.id/

Winaryo dan Suryono (1994) mencatat 3 (tiga) jenis sumber data yang dapat dipakai sebagai masukan bagi SIG, yaitu:

  1. Vector: data ini bersumber dari peta topografi dan peta tematik lainnya;
  2. Raster: data ini bersumber dari hasil rekaman satelit atau pemotretan udara;
  3. Data alphanumeric: data ini bersumber dari catatan statistik atau sumber lainnya, yang sifatnya sebagai deskripsi langsung atau sebagai tambahan data spasial.

Zaman yang semakin maju mebuat keberadaan data SIG diperhitungkan di berbagai bidang kehidupan. berbagai macam data yang diperoleh menggunakan metode dalam sig sangat berguna untuk memaksimalkan hasil yang akan dicapai. 

Baca Juga: Pengumpulan data penelitian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU