Yuk, Kita simak video merancang pementasan pantomim dibawah ini!

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=Mc_4Rfe3zOA

Berhasil atau tidaknya pantomim yang akan dipentaskan, tergantung dari seberapa baik dalam melakukan persiapan. Berbagai unsur pertunjukan harus dirancang dengan sebaik-baiknya, dari mulai rancangan bentuk pertunjukan, properti, setting, musik, rias, dan kostum. Dalam proses perancangan dituntut kreativitas dalam menuangkan gagasan pada rencana pementasan. Untuk mendapatkan berbagai gagasan harus banyak menyaksikan dan berapresiasi berbagai pementasan pantomim.

Pada pementasan pantomim, unsur-unsur komunikasi antar tontonan akan terasa penting. Hal ini karena yang paling utama dalam pementasan pantomim adalah tersampaikannya pesan secara langsung, akrab, dan menghibur. Komunikasi yang hendak disampaikan pemain pantomim kepada penonton tertuang dalam musik, gerak, dan mimik yang ditampilkan oleh pemain pantomim.

Pementasan pantomim harus dirancang dengan baik. Dengan perancangan yang baik, pementasan pantomim akan berjalan sukses dan lancar. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam perancangan pementasan pantomim adalah sebagai berikut.

1.    Rancangan Naskah

Naskah harus dirancang dengan baik. Perancangan naskah pantomim berkaitan dengan tema yang akan diangkat. Untuk menghasilkan pertunjukan pantomim yang menarik, kita harus mencari tema-tema yang unik.

2.    Rancangan Kostum

Kostum yang digunakan oleh pemain pantomim biasanya sangat sederhana berupa kaos dan celana yang ketat dengan tubuh. Tujuan menggunakan kostum seperti ini supaya kelenturan dan bentuk-bentuk gerak yang ditampilkan lebih jelas.

3.    Rancangan Rias

Penggunaan rias pada pantomim memang cukup khas yaitu menggunakan bedak putih yang menutupi seluruh wajah dengan tambahan garis-garis hitam dari sifat alis untuk menegaskan di bagian mata, bibir, dan hidung.

4.    Rancangan Musik

Musik berfungsi sebagai penguat adegan dan gerakan pantomim. Musik juga membantu untuk mewujudkan suasana yang ingin ditampilkan misalnya kemeriahan, kesedihan, suasana hutan, kota maupun jalan raya.

5.    Rancangan Properti

Properti yang digunakan memiliki peran penting dalam menunjang jalannya cerita dalam pantomim. Buatlah rancangan peralatan yang dibutuhkan di atas panggung (property) dan latar belakang panggung (setting) secara efektif dan efisien.

Baca Juga : Media Komunikasi Melalui Poster

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU