Yuk, Kita simak video seni gambar tak bergerak dibawah ini!

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=_rf6VOIG2GM  
Gambar: Komik Pemakaian Masker yang Benar
Sumber: https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/

Komik merupakan bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita. Komik biasanya dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks. Komik dapat diterbitkan dalam berbagai bentuk, mulai dari strip dalam koran, dimuat dalam majalah, hingga berbentuk buku tersendiri.

Komik ditampilkan dalam bentuk panel dengan disertai dengan teks seperti balloon (ucapan), caption dan onomatopoeia yang menunjukkan dialog, narasi, efek suara, dan informasi lainnya. Ukuran dan susunan panel diatur sedemikian rupa untuk penyampaian narasi dari ide cerita.

Komik membuat kita merasakan sesuatu. Bisa membuat kita tertawa, sedih, ingin tahu, bersemangat, atau emosi lainnya, kekuatan dari suatu cerita visual tidak bisa disangkal. Membuat buku komik Anda sendiri bisa menjadi pengalaman yang berharga, dan lebih mudah dari apa yang Anda pikirkan. Jika Anda memiliki ide, ikuti panduan cara untuk membuat komik terwujud.

Dilihat dari segi bentuk penampilan atau kemasan, komik dapat dibedakan sebagai berikut.

  • Komik Strip (Comic Strip)

Komik strip merupakan komik yang hanya terdiri dari beberapa panel gambar saja. Namun dilihat dari segi isi telah mengungkapkan sebuah gagasan yang utuh.

  • Komik Buku

Komik buku yakni komik yang dikemas dalam bentuk buku dan satu buku biasanya menampilkan sebuah cerita yang utuh. Komik-komik buku biasanya berseri dan satu judul buku komik sering muncul berpuluh seri dan seperti tidak ada habisnya.

  • Komik Humor

Komik ini termasuk komik yang sangat digemari oleh anak-anak. Komik humor adalah komik yang secara isi menampilkan sesuatu yang lucu yang membuat pembaca untuk tertawa ketika menikmati komik tersebut..

  • Komik Petualangan

Komik petualangan adalah komik yang menampilkan cerita petualangan tokoh-tokoh cerita dalam rangka mencari, mengejar, membela, memperjuangkan, perkelahian atau aksi-aksi lain yang termasuk dalam aksi petualangan.

  • Komik Biografi

Komik biografi dimaksudkan sebagai kisah hidup seorang tokoh sejarah yang ditampilkan dalam bentuk komik.

  • Komik Ilmiah

Komik ilmiah merupakan campuran antara narasi dan komik. Dalam komik ilmiah, tekanan ada pada proses penemuan dan barang temuannya. Contoh buku campuran narasi dan komik dalam seri penemuan yang dimaksud antara lain penemuan telepon, penemuan televisi, penemuan pesawat terbang, penemuan mobil penemuan film, dan lain-lain.

Baca Juga : Kritik untuk Pemimpin dalam Lagu Daerah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU