Yuk, Kita simak video Seni Musik Vokal Grup dibawah ini!

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=QHOy8MHJ1ic
Gambar: Vokal Grup
Sumber: http//www.merdeka.com

Lagu juga bisa dibawakan secara bersama-sama dengan lebih dari satu suara. Penyajian demikian disebut sebagai vokal grup dan paduan suara. Kita mengenal paduan suara dengan jenis vokal yang sama (vokal anak-anak semua, vokal perempuan semua, atau vokal laki-laki semua), dan ada pula paduan suara dengan jenis vokal campuran (anak-anak dan dewasa, laki-laki dan perempuan).

Vokal grup biasanya terdiri dari tiga sampai dengan delapan orang yang menyanyikan lebih dari satu suara. Kemudian, ada paduan suara kecil yang anggotanya dua belas sampai dengan dua puluh empat orang dan paduan suara lebih dari itu.

1.    Teknik Vokal

Musik Vokal adalah musik yang dalam penyajiannya mengandalkan vokal atau suara manusia. Bentuk musik vokal bermacam-macam, di antaranya adalah bentuk vokal tunggal atau solo vokal, duet vokal, trio vokal, kwartet vokal, vokal grup, hingga dalam bentuk paduan suara. Mutu suara manusia ditentukan oleh organ-organ suara yang ada di dalam tubuhnya. Dengan demikian, kegiatan seseorang dalam menyanyi sangat dipengaruhi oleh keadaan fisik, sikap, dan gerak seseorang pada waktu menyanyi. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam bentuk vokal, yaitu: artikulasi, pernapasan, dan intonasi.

2.    Tanda-Tanda pada Lagu

Lagu-lagu yang kita nyanyikan terdapat tanda-tanda, antara lain sebagai berikut.

  • Tanda tempo.
    Tanda tempo yaitu tanda yang menunjukkan cepat atau lambatnya lagu (kecepatan lagu).
    Tanda tempo digolongkan menjadi tiga, yakni tempo lambat, tempo sedang, dan tempo cepat.
  • Tanda dinamik.
    Tanda dinamik, yaitu tanda yang menunjukkan keras lembutnya lagu.
    Tanda dinamik digolongkan menjadi tiga, yaitu Dinamik lembut syair lagu dengan tanda piano (p), pianissimo (pp); Dinamik sedang syair lagu dengan tanda mezzo piano (mp), mezzo forte (mf); Dinamik keras syair lagu dengan tanda forte (f), fortissimo (ff).
  • Irama dan birama
    Irama dan birama, yaitu gerak jalannya (progresif) bunyi atau suara di dalam musik yang mengikuti pola. Irama dan birama berhubungan erat dan tidak terpisahkan satu sama lain tetapi yang paling penting adalah irama.

Baca Juga : Pola Lantai dalam Tarian Daerah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU