Program Latihan Kebugaran Jasmani

Yuk, Kita simak video Program Latihan Kebugaran Jasmani dibawah ini!

Kali ini kita akan membahas program latihan kebugaran jasmani yang bisa dilakukan setiap hari di rumah. Sebelum Anda mencoba berlatih dengan program Program Latihan Kebugaran Jasmani ini, ada baiknya Anda paham dahulu tentang Pengertian Kebugaran jasmani.

Program Latihan Kebugaran Jasmani

Menurut Getchell dalam Sunardi (1988:11) bahwa “Kebugaran jasmani adalah suatu hal yang menitikberatkan pada fungsi fisiologis yaitu kemampuan jantung, pembuluh darah, paru-paru dan otot yang berfungsi secara efisien dan efektif”. Secara lebih khusus jasmani serta fungsi organ tubuh manusia nampak dalam keadaan fungsi jantung, paru-paru, ginjal, hati, keadaan syaraf sentral, persendian, otot, kulit, cairan tubuh. 

Dengan memiliki kebugaran jasmani yang bagus, maka Anda akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk memperoleh banyak manfaat dari kebugaran jasmani tersebut. Oleh karena itulah Anda wajib melakukan beberapa bentuk latihan meningkatkan kebugaran jasmani.

Latihan Kardiorespirasi (Jogging)

  • Intensitas sedang (5.5 km/jam)
  • Time : 30 menit
  • Frekunsi : 2 kali seminggu dengan jarak 3 hari misalnya jogging hari senin kemudian lakukan yang kedua hari jumat

Latihan Kekuatan Otot (1 minggu 1 kali)

Latihan kekuatan otot dapat dilakukan dengan beberapa jenis latihan, yaitu:

Push up

  1. Istirahat 30 detik/set
  2. Dilakukan sebanyak 40 kali dengan rincian

Sit Up

  1. Istirahat 30 detik/set
  2. Dilakukan sebanyak 40 kali dengan rincian

BACA JUGA: Permainan Sepak Bola

Back Up

  1. Istirahat 30 detik/set
  2. Dilakukan sebanyak 40 kali dengan rincian

Latihan Kelentukan dan Kelenturan

Kelentukan ada dua bentuk yaitu peregangan dinamis dan peregangan statis.

Peregangan dinamis :

  • Duduk telunjur dengan dua kaki lurus usahakan untuk mencapai ujung jari kaki dengan jari-jari tangan sambil melakukan gerakan merenggut pinggang.
  • Berbaling telungkup tangan dilipat ke belakang kepala angkat kepala dan dada secara berulang-ulang setinggi mungkin ke atas sebanyak 10 kali.
  • Berdiri kangkang kedua tangan direntangkan ke samping, bungkukkan badan sambil tangan kanan menyentuh ujung kaki kiri dan kembali ke posisi awal dan sebaliknya.

Peregangan statis:

  • Berdiri dengan kedua kaki rapat, bungkukkan badan sehingga jari tangan menyentuh lantai. Pertahankan sikap tanpa bergerak statis selama 20-30 detik.
  • Berdiri dengan kaki kangkang lebar, bungkukkan badan sehingga kedua telapak tangan bertumpu dilantai. Pertahankan sikap tanpa bergerak statis selama 20-30 detik.
  • Duduk bersila dengan telapak kaki bertemu. Tarik tumit kearah tangan memegang pergelangan kaki yang diluruskan.
  • Sikap berbaring tarik kedua lutut dengan kedua tangan kearah atau menyentuh dada, kepala diangkat. Pertahankan sikap tanpa bergerak selama 20-30 detik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU