Yuk, Kita simak video mendesain kemasan produk dibawah ini !

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=dHJPrU7QEMg

Coba kamu perhatikan berbagai kemasan produk yang dipajang pada rak toko-toko! Apa hal pertama yang ada dipikiranmu ketika melihat kemasan suatu produk? Menarik, itulah yang harus ditonjolkan ketika kita memilih kemasan untuk suatu produk yang akan dipasarkan. Tentu saja tetap harus mempertimbangkan fungsi dari kemasan itu sendiri, yaitu melindungi produk yang ada di dalamnya.

Sumber: https://dikemas.com/

Apa yang harus dipertimbangkan dalam membuat kemasan produk? Faktor keamanan dan kenyamanan merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Setelah faktor tersebut terpenuhi maka kita dapat berkreasi agar tampilan kemasan tersebut menarik, sehingga mudah dikenali dan meninggalkan kesan mendalam bagi konsumen.

Bagaimana cara membuat kemasan produk yang menarik? Ada beberapa saran yang dapat kamu pelajari dalam menentukan atau memilih kemasan suatu produk. Untuk lebih jelasnya, kamu dapat mempelajarinya melalui paparan berikut ini.

1. Pilih Desain Kemasan Produk yang Sederhana

Kamu harus memilih desain kemasan produk yang sederhana. Artinya, desain yang kamu pilih tidak boleh terlalu rumit. Cukup desain yang simpel, mudah dibawa, mudah dikonsumsi, namun tetap unik. Maksud unik dalam hal ini dapat berupa pemilihan kombinasi bahan, bentuk, gambar, bahkan warna. Desain yang unik tentu saja membuat konsumen mudah mengenali produk dan menarik untuk membelinya.

2. Pilih Kemasan produk dengan Warna yang Cerah

Satu hal lagi, kemasan produk yang digunakan hendaknya memilih warna yang cerah, sehingga menimbulkan kesan mencolok dan berbeda ketika  diletakkan di rak maupun etalase toko dengan produk-produk lainnya. Warna juga harus memperhatikan gambar yang akan digunakan dalam kemasan produk itu, terutama untuk produk dengan sasaran anak-anak. Gambar lucu dan warna yang cerah merupakan pilihan tepat untuk menarik minat anak terhadap produk yang dijual.

3. Perhatikan Faktor Legalitas Produk

faktor legalitas juga harus diperhatikan dalam pembuatan kemasan produk. Peletakan informasi mengenai legalitas produk harus dicantumkan untuk menjamin keamanan dan kesetahan. Contoh aspek legalitas yang dimaksud adalah izin dari  Badan Pengawas makanan dan Obat, Dinas Kesehatan, maupun sertifikasi halal. Kamu juga dapat menggunakan font yang menarik untuk menyampaikan informasi penting tersebut dalam kemasan.

4. Perhatikan Biaya Pembuatan Kemasan Produk

Terakhir, perhatikan juga biaya yang dibutuhkan untuk membuat kemasan produk tersebut. Carilah bahan dengan harga terjangkau serta utamakan bahan yang bersifat ramah lingkungan. Harga bahan yang terjangkau berkaitan dengan keuntungan yang akan diperoleh nantinya. Selanjutnya, bahan yang ramah lingkungan sangat digemari oleh masyarakat saat ini. Terlebih dengan kondisi masyarakat yang makin peduli terhadap lingkungan. Itulah beberapa saran yang dapat menjadi pertimbangan bagimu dalam membuat kemasan sebuah produk. Kreativitas dalam membuat kemasan produk tentu saja sangat mendukung dalam keberhasilan pemasaran sebuah produk. Jadi, berkreasilah dengan imajinasimu.

Baca Juga : Berkreasi dari Botol Bekas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU