Yuk, Kita simak video alat penjernih air dibawah ini !

Tidak ada makhluk hidup yang tidak membutuhkan air. Semua makhluk hidup membutuhkan air untuk tetap  hidup. Dalam halini, pebahasan lebih ditekankan pada kebutuhan air bersih manusia. Kebutuhan air bersih semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Pengolahan air bersih selalu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tidak sembarang air bisa dikatakan air bersih. Satu yang pasti adalah air bersih tidak berwarna dan berbau.

Sumber: https://www.paramimpi.com/

Apa yang dapat dilakukan untuk mendapatkan air bersih? Kita dapat memperoleh air bersih dengan membeli air mineral dalam kemasan botol atau galon. Namun tentu saja kita harus mengeluarkan biaya lebih untuk mendapatkannya. Lain halnya jika kita memiliki sumber air bersih ayang dapat dimasak terlebih dahulu. Bagaimana jika sumber air yang dimiliki airnya keruh? Nah untuk mengatasinya kita dapat membuat alat penjernih air.

Untuk membuat alat penjernih air dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan bahan yang ada di sekitar kita. Tentu saja jika kita membuat sendiri dapat menghemat biaya yang dikeluarkan. Nah, ayo kita coba membuat alat penjernih air sederhana.

Alat dan Bahan

Sumber: https://id-static.z-dn.net/

Alat:

  1. Gunting/Cutter.
  2. Paku.
  3. Palu.

Bahan:

  1. Botol air  mineral ukuran 1,5 L.
  2. Arang.
  3. Kerikil besar.
  4. Kerikil kecil.
  5. Pasir.
  6. Ijuk.
  7. Jerami.

Langkah Pembuatan

  1. Botol dipotong dengan menggunakan cutter pada bagian bawah.
  2. Bahan-bahan dimasukkan ke dalam botol sesuai urutan, ijuk, pasir, pasir,arang, kerikil kecil, kerikuil besar.
  3. Dalam prosesnya, urutan tersebut juga dapat dimodifikasi hingga memperoleh hasil air yang paling jernih.
  4. Air kotor dimasukkan ke alat penjernih air sederhana.

Bagaimana air yang dihasilkan dari proses penyaringan melalui alat yang telah kalian buat? Apakah hasilnya sudah sesuai keinginan? Jika sudah, kalian dapat mencoba untuk membuat alat serupa namun dengan ukuran yang lebih besar. Kalian dapat meminta bantuan orang-orang di sekitarmu dalam membuatnya. Alat yang sudah kamu buat dapat kamu letakkan di tempat-tempat yang berupa fasilitas umum sebagai tempat mencuci tangan, tentunya harus dilengkapi dengan sabun. Nah, selamat mencoba….

Baca Juga : Budi Daya Ulat Sutra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU