Yuk, Kita simak video berkreasi dari botol bekas dibawah ini !

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=0a2MniMJWvA

Bekas, sampah, limbah ….

Apa yang ada dipikiranmu mendengar beberapa kata di atas? Ketiga kata di atas identik dengan sesuatu yang sudah tidak terpakai, bahkan harus disingkirkan Namun, barang-barang yang termasuk kategori barang bekas, sampah, dan limbah bukan berarti tidak dapat dimanfaatkan. Ada banyak hal yang dapat dilakukan terhadap benda-benda tersebut. Salah satunya adalah membuat sebuah karya seni yang memiliki nilai jual. Pada kesempatan kali ini akan dipaparkan cara membuat lentera hias dari botol kaca bekas.

Sumber: https://i2.wp.com/

1. Persiapan Alat Bahan

Karya seni yang dapat dibuat dari botol kaca bekas berupa lampu gantung atau lentera. Untuk membuat sebuah lentera perlu dipersiapkan beberapa bahan, meliputi botol kaca bekas, kawat tebal, tang, lilin, dan korek api. Untuk pemilihan botol yang akan digunakan sebagikan dipilih dengan warna gelap.

2. Pembuatan Lentera

Setelah bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan siap maka kita dapat mulai membuat lentera. Langkah pertama adalah membersihkan botol dari segala kotoran, seperti bekas lebel atau kerak agar terlihat bening. Kamu dapat mencuci botol dengan sabun cuci piring. Jika sudah bersih, botol dikeringkan terlebih dahulu. Jika sudah kering, bagian dasar botol dipotong dengan lilitan kawat melingkar yang dipanasi. Jika sudah terpotong, botol diasah agar halus dan tidak tajam.

Langkah selanjutnya adalah membuat formasi kawat. Formasi kawat yang dimaksud adalah membuat kawat dengan bentuk spiral. Kalian dapat menggunakan tang untuk membentuk formasi spiral pada kawat. Jika kesulitan, kalian dapat melilitkan kawat pada benda-benda bulat sebagai mal lingkarnya. Besar spiral harus lebih besar daripada gelas lilin yang akan dipegang oleh kawat ini. Pada bagian atas kawat kemudian ditekuk  sebagai pengait untuk bagian bawah leher botol (sebagai stopper).

Jarak antara spiral dan tekukan stopper tidak boleh melebihi jarak dasar botol dengan leher botol. Sisa kawat yang keluar dari mulut botol kemudian dibentuk ring sebagai tempat mengikat tali atau kawat penggantung. Langkah terakhir adalah menyalakan lilin di dalam botol. Lentera yang telah jadi dapat dipasang pada tempat-tempat tertentu sesuai keinginan.

Nah, cukup mudah bukan? Kamu dapat menggembangkan kreativitasmu dalam membuat sebuah karya seni. Silakan mencoba…..

Baca Juga : Alat Penjernih Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU