Yuk, Kita simak video pemuda yang bangga dengan ke-Indonesia-annya dibawah ini !

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=z39cmTLin1U

Dari mana kalian berasal? Apa budaya yang menjadi ciri khas dari daerahmu? Seberapa banyak kamu mengenal kekhasan daerah asalmu? Apakah kamu bangga dengan kekhasan yang dimiliki daerah asalmu?

Semua pertanyaan itu merujuk kepada kekhasan yang dimiliki daerah asal masing-masing orang. Namun, kekhasan tersebut kemudian melebur menjadi satu dalam sebuah wadah yang bernama Negara Kesatuan Repuplik Indonesia. Kalian sebagai pemuda tentu saja harus bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki beragam budaya.

Sumber: https://ppid.bengkaliskab.go.id/

Sikap bangga terhadap ke-Indonesia-an merupakan salah satu benteng menghadapi era globalisasi seperti sekarang ini. Ada banyak pengaruh buruk globalisasi yang perlu kita waspadai agar tidak menggerus nilai-nilai dalam budaya Indonesia. Apa yang dapat kalian kalian untuk menunjukkan rasa bangga sebagai bagian dari Bangsa Indonesia?

1. Menggunakan bahasa Indonesia

Apakah kalian memiliki teman yang berasal dari luar daerah? Bagaimana kalian berkomunikasi dengan mereka? Apakah menggunakan bahasa daerah masing-masing?

Jika iya, maka kalian sebaiknya menggantinya dengan bahasa Indonesia. Mengapa? Masih ingatkah kalian dengan bunyi salah satu butr dalam Sumpah Pemuda? “Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”. Salah satu butir dari teks Sumpah Pemuda menyatakan bahwa para pemuda Indonesia mengakui bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Apa maksudnya? Bahasa Indonesia digunakan sebagai sarana berkomunikasi di antara keragaman bahasa yang dimiliki oleh suku-suku di Indonesia. Bukan berarti kita tidak boleh menggunakan bahasa daerah masing-masing. Namun, ketika  berkomunikasi dengan orang dari suku lain maka bahasa Indonesia menjadi alat komunikasi yang dapat menyatukan.

2. Bangga memakai produk asli buatan Indonesia

Bangga memakai produk buatan dalam negeri adalah salah satu cara yang bisa dilakukan generasi milenial untuk menunjukan rasa cintanya kepada tanah air. Kalian tidak perlu malu atau minder menggunakan produk buatan Indonesia. Perlu kamu ketahui bahwa ada banyak produk Indonesia yang menjadi komuditas unggulan ekspor, seperti tas, sepatu atau baju. Dengan bangga memakai produk buatan Indonesia, kita ikut serta memajukan perekonomian dan lebih menghargai produk buatan negara sendiri.

Apa produk buatan asli Indonesia yang sangat menarik buatmu? Pernahkah kamu menggunakan batik? Ya, batik merupakan contoh paling mudah tentang produk asli Indonesia yang mendunia. Batik bahkan sangat diminati oleh pasar luar negeri. Jadi, apa kalian masih malu menggunakan produk dalam negeri?

3. Ikut mempromosikan Indonesia

Media sosial apa yang sering kamu gunakan? Facebook, instagram, twitter, atau tiktok? Pernahkah kamu memposting tentang Indonesia pada media sosialmu? Apa yang kamu posting, budaya, keindahan, atau hal lain?

Ketika kamu memposting sesuatu tentang Indonesia, berarti kamu telah ikut serta dalam mempromosikan Indonesia ke dunia. Kita ketahui bahwa media sosial saat ini memiliki peran yang cukup signifikan dalam mempromosikan suatu hal.

Ada banyak budaya dan keindahan Indonesia yang dapat kamu jadikan materi untuk unggahan media sosialmu. Tidak hanya itu saja, kekayaan alam yang dimiliki Indonesia juga dapat menjadi daya tarik bagi investor untuk menanamkan modal di Indonesia, sehingga akan berpengaruh terhadap kondisi perekonomian.

Baca Juga : Memupuk Persatuan dari Budaya Gotong Royong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU