Yuk, Kita simak video kerja sama dalam bidang pertahanan dan keamanan dibawah ini !

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=-i-L5ZsHAuI

Setiap warga negara harus melakukan kerja sama untuk mewujudkan keamanan dan pertahanan negara. Kerja sama warga negara untuk mewujudkan pertahanan dan keamanan negara merupakan contoh sikap dari bela negara. Bela negara merupakan sikap mental yang dimiliki seseorang atau sekelompok orang untuk ikut serta dalam usaha melindungi dan mempertahankan keberadaan bangsa dan negara. Bagi bangsa Indonesia, bela negara adalah hak dan kehormatan sebagai warga negara sekaligus merupakan kewajiban hukum yang harus dijalani oleh setiap warga negara.

Keamanan dan pertahanan negara bukan hanya tanggung jawab TNI dan POLRI. Namun, seluruh komponen negara. Hal ini sesuai dengan doktrin pertahanan negara Indonesia yang menganut sistem dan keamanan rakyat semesta (sishankamrata). Hal ini menjadikan rakyat sebagai komponen pendukung bersama-sama TNI dan POLRI berperan penting dalam menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa dari ancaman dan gangguan.

Upaya pertahanan keamanan atau Bela Negara dalam Kehidupan Sehari-hari

Upaya tersebut dapat dilakukan dalam bentuk kerja sama warga masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungannya. Salah satunya adalah melalui Siskamling (Sistem keamanan lingkungan).

Gambar: Siskamling merupakan salah satu bentuk bela negara.
Sumber: https://sumeks.co/aktifkan-poskamling-warga-bergilir-lakukan-penjagaan/

Siskamling

Siskamling merupakan upaya bersama dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat dalam memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat. Siskamling mengutamakan upaya pencegahan dan menangkal berbagai bentuk ancaman dan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Hal-hal yang dilakukan pelaksana siskamling dalam menjalankan tugasnya adalah patroli atau berkeliling di lingkungan setempat, melakukan penjagaan, memberikan peringatan untuk mencegah terjadinya kejahatan, kecelakaan, kebakaran, banjir, dan bencana alam. Selain itu, siskamling juga memberikan bantuan dan pelayanan kepada masyarakat yang mempunyai masalah yang dapat mengganggu ketentraman warga sekitarnya.

Kegiatan siskamling selain untuk menjaga keamanan dan ketertiban, juga bermanfaat menjaga silaturahmi dan memperkuat persaudaraan, sehingga tercipta masyarakat yang guyub, rukun dan kompak. Kegiatan siskamling juga merupakan salah satu upaya masyarakat mencintai tanah airnya,  karena siskamling merupakan salah satu bentuk bela negara.

Baca Juga : Peran Daerah dalam Kerangka NKRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU