Yuk, Kita simak video toleransi antar suku bangsa dibawah ini !

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=IhkIrFx6zOE

Toleransi merupakan sikap tentang keterbukaan dan penghormatan terhadap perbedaan yang ada di lingkungan dan masyarakat. Sikap toleransi sangat penting dalam keberagaman bangsa Indonesia. Toleransi keberagaman masyarakat menjadi keniscayaan di Indonesia yang majemuk yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa.

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa. Setiap suku bangsa memiliki karakter tersendiri, baik dalam aspek sosial maupun budaya. Meski penuh dengan keberagaman suku bangsa, seluruh suku bangsa Indonesia tetap berpegang teguh pada semboyan Bhineka Tunggal Ika, yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Dengan keberagaman suku bangsa tersebut, sikap toleransi antarsuku bangsa menjadi hal yang penting.

Keragaman Suku Bangsa

Sikap atas keragaman suku bangsa di Indonesia perlu diperhatikan untuk menjaga keharmonisan dan untuk menghindari pertentangan. Fakta sosial menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara yang plural. Hal ini mengakibatkan masyarakat rentan terbentur konflik, baik yang bersifat internal maupun eksternal. Oleh karena itu, penting sekali untuk menyikapi perbedaan dengan pikiran yang terbuka dan jernih.

Gambar: Keberagaman suku bangsa Indonesia
Sumber: https://bengkulu.kemenag.go.id/berita/511761-man-2-unjuk-kebolehan-di-hut-kabupaten-mukomuko-ke-17

Perbedaan suku bangsa bukanlah masalah dalam membangun persatuan bangsa Indonesia. Namun, orang-orang yang belum mengerti toleransi ternyata bisa menyebabkan dampak fatal. Misalnya, ada seseorang yang menunjukkan perilaku intoleransi (tidak toleran) terhadap orang lain di sekitarnya. Hal ini tentunya berpotensi menyebabkan konflik di antara masyarakat. Hal ini merupakan sesuatu yang perlu dicegah. Oleh karena itu, sikap toleran hadir sebagai penyelesaian masalah perbedaan ini. Seseorang dari suatu suku bangsa tidak berarti dia lebih baik dari suku bangsa lain.

Agar kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara menjadi harmonis, sikap toleransi antar suku bangsa harus dikedepankan. Kita bisa menunjukkan sikap toleransi antar suku bangsa melalui tindakan berikut.

  1. Bersikap dan berperilaku baik pada siapapun tanpa membedakan suku bangsanya.
  2. Tidak memandang rendah suku atau budaya yang lain
  3. Tidak menganggap suku dan budayanya paling tinggi dan paling baik.
  4. Menerima keragaman suku dan budaya sebagai kekayaan bangsa yang tak ternilai harganya.
  5. Menghormati setiap kelompok yang menjalankan kebiasaan sosial dan adat istiadatnya masing-masing.
  6. Mempelajari dan mendalami seni budaya suatu suku bangsa sesuai minat dan kesenangan.
  7. Menghargai hasil kebudayaan setiap suku bangsa.   

Baca Juga : Kerja Sama dalam Bidang Pertahanan dan Keamanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU