Yuk, Kita simak video gaya renang dan manfaatnya dibawah ini !

Sumber : https://youtu.be/Krj08sY2xRM

Pernahkah kamu melakukan olah raga renang? Olah raga yang satu ini memang banyak digemari oleh orang. Untuk melakukan kegiatan berenang seseorang diwajibkan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi cidera dan risiko lainnya. Ada empat gaya renang yang bisa kamu pelajari di antaranya seperti gaya bebas, kupu-kupu, katak/dada serta gaya punggung. Dari keempat gaya renang tersebut, manakah yang menjadi gaya renang favoritmu?

Gambar: berenang
Sumber: https://hellosehat.com/

Tahukah kamu bahwa setiap gaya renang memiliki manfaat bagi tubuh? Oleh karena itu, mari kita ulas bersama mengenai manfaat dari setiap gaya renang.

1. Renang Gaya Bebas atau Freestyle

Renang gaya bebas atau freestyle merupakan gaya berenang yang paling mudah dipelajari. Berenang dengan gaya ini dapat memberikan manfaat positif karena bagian otot inti, otot leher, punggung, lengan, dada, punggung hingga kaki bergerak mendorong tubuh selama di dalam air jika dilakukan dengan latihan yang tepat.

2. Gaya Dada

Pada gaya dada memiliki pola gerakan yang berbeda dibandingkan gaya bebas maupun gaya punggung. Pada tiap pola gerakan memungkinkan untuk mengambil napas dalam tempo singkat. Seseorang yang menggunakan gaya ini akan mendapatkan otot yang kuat serta kencang di bagian dada, betis, dan seluruh otot kaki.

3. Gaya Kupu – Kupu

Gaya kupu-kupu ini mengutamakan gerakan lengan dan kaki yang tercipta dari variasi gaya dada. Kekuatan otot dan teknik yang maksimal digunakan untuk menggerakkan tangan. Sedangkan bagian kaki bergerak seperti gerakan lumba-lumba. Gaya ini dianggap sebagai gaya renang tersulit untuk dilakukan. Meskipun begitu, gaya ini bermanfaat untuk :

  • Membakar lemak serta kalori 900 Kalori per jam, melatih hampir seluruh otot tubuh.
  • Membantu menurunkan berat badan,
  • Membentuk postur tubuh,
  • Alternatif olahraga kardiovaskular yang aman.

4. Gaya Renang Punggung

Tipe gaya renang yang terakhir adalah gaya punggung. Gaya punggung ini memberikan alternatif bagi kamu yang ingin tetap bernafas selama berenang. Pada gaya punggung, posisi wajah ada di luar air sehingga kamu biasa mengatur pernapasan saat berenang. Gaya ini memiliki banyak manfaat di antaranya menurunkan berat badan, meningkatkan fleksibilitas tubuh, mengencangkan otot  dan tubuh.

Baca Juga : Cerdas Mencegah Pergaulan Bebas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU