Yuk, Kita simak video manfaat senam lantai dan senam irama dibawah ini !

Sumber : https://youtu.be/AkVeg_UCASk
Gambar: senam lantai
Sumber: https://www.pintarnesia.com/

Apakah kamu pernah melakukan olah raga senam? Jenis senam apa saja yang kamu ketahui? Senam atau yang dalam bahasa inggris disebut dengan gymnastic merupakan salah satu aktivitas olah raga yang bisa dilakukan di dalam dan di luar ruangan. Jika kamu seseorang yang senang melakukan olah raga senam, maka pasti tidak asing lagi dengan senam lantai dan senam irama. Kedua senam ini merupakan cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan serta membutuhkan kekuatan, kecepatan, dan keserasian gerakan fisik yang teratur ini memiliki banyak manfaat dari mulai fisik, mental, hingga sosial. Lantas apa saja manfaat dari senam lantai dan senam irama? Mari kita bahas satu persatu.

1. Senam Lantai

Sesuai dengan namanya, senam lantai dilakukan di lantai biasanya dengan menggunakan matras. Senam lantai ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh loh. Secara umum, senam memiliki manfaat dalam mengembangkan komponens fisik dan kemampuan gerak (motor ability). Biasanya orang yang melakukan senam secara teratur akan berkembang daya tahan ototnya, kekuatan, kelenturan, koordinasi, kelincahan, dan keseimbangan. Selain itu, secara mental dan sosial, senam mampu meningkatkan konsep diri. Hal ini terjadi karena senam menyediakan begitu banyak pengalaman. Orang akan mampu mengontrol tubuhnya dengan keyakinan dan tingkat keberhasilan yang tinggi, sehingga memungkinkan membantunya membentuk konsep yang positif. senam lantai sendiri memiliki manfaat untuk memperlincah gerakan tubuh dan memperkuat otot lengan, kaki, paha, pinggang, perut dan dada. Dengan gerakan yang dilakukan dalam senam ini otomatis dapat menambah kekuatan fisik, menjaga keseimbangan, melatih lompatan, memperbaiki postur tubuh yang bungkuk. Selain itu juga dapat digunakan sebagai sarana latihan kefokusan diri. Gerakan yang dilakukan juga memiliki peran membakar lemak sehingga dapat memperlancar sirkulasi darah dan menyehatkan jantung.

2. Senam Irama

Memiliki manfaat yang beragam bagi kesehatan manusia misalnya untuk meningkatkan kekuatan otot, menjaga kesehatan tulang, meningkatkan kesehatan jantung, membakar kalori, meningkatkan koordinasi tubuh, dan melatih kelenturan. Senam irama juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta mengurangi risiko terjangkit berbagai penyakit, seperti obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung. Secara mental, senam ini disebut mampu membuat pelakunya berpikir secara aktif dan kreatif. Bukan hanya itu, senam irama bisa membuat orang yang melakukannya lebih mudah mengontrol emosi, berpikiran positif, dan penuh semangat.

Baca Juga : Gaya Renang dan Manfaatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU