Pengumpulan data penelitian

Yuk, Kita simak video Pengumpulan data penelitian dibawah ini!

Pernahkah kalian melakukan sebuah penelitian? Bagaimana kalian mengumpulkan data-data dalam melakukan penelitian agara mendapat sebuah informasi yang akurat dan tepat?  Apakah dalam melakukan pengumpulan data penelitian yang dilakukan sudah tepat?. 

Pengumpulan data penelitian
Gambar:  ilustrasi pengumpulan data penelitian
sumber :
https://moondoggiesmusic.com/#gsc.tab=0

Menurut Gulo (2002:110) Pengumpulan data penelitian merupakan aktivitas yang dilakukan guna mendapatkan informasi yang diperlukan dalam rangka mencapai tujuan dari suatu penelitian. Adapun tujuan penelitian adalah jawaban dari rumusan masalah ataupun hipotesis penelitian, untuk dapat menjawabnya diperlukan data atau informasi yang diperoleh melalui tahapan pengumpulan data. Informasi atau data mempunyai karakteristik yang berbeda beda sehingga membutuhkan metode yang berbeda-beda pula.

Angket

Salah satu metode dalam pengumpulan data adalah dengan menggunakan angket. Angket merupakan seperangkat pertanyaan ataupun pernyataan yang telah tersusun yang diberikan kepada respoden untuk diisi sesuai dengan permintaan pengguna. Pengumpulan data berdasarkan angket cocok untuk wilayah yang luas dan jumlah responden yang besar.

Wawancara (Interview)

Pernahkah anda melakukan sebuah percakapan untuk mendapat informasi dari lawan bicara? Naah ….. salah satu untuk mendapatkan sebuah informasi dapat dilakukan dengan sebuah wawancara.  Wawancara adalah suatu proses tanya jawab atau dialog secara lisan antara pewancara dengan responden atau orang yang diwawancari dengan tujuan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan oleh peneliti

Observasi

Sebagai metode pengumpulan data, observasi dapat diartikan sebagai pengamatan dan pencatatan secara sistematik terhadap unsur yang tampak dalam suatu gejala pada objek penelitian. Unsur yang tampak itu dinamakan dengan data atau informasi yang harus diamati dan dicatat secara benar dan lengkap. Metode ini dipakai untuk mengamati secara langsung keadaan di lapangan agar peneliti mendapatkan gambaran yang lebih luas tentang permasalahan yang diteliti.

Analisis Dokumen

Metode ini merupakan suatu cara pengumpulan data yang dilakukan dengan menganalisis isi dokumen yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Dalam arti yang sempit, dokumen mempunyai arti barang-barang atau benda-benda tulis, sedangkan dalam arti yang lebih luas, dokumen bukan hanya yang berwujud tulisan saja tapi bisa berupa benda-benda peninggalan seperti prasasti dan simbol-simbol lainnya.

Metode analisi dokuemn dipakai untuk mengumpulkan data yang sudah terseida dalam catatan dokumen, seperti konsep teori yang berhubungan dengan variabel yang diteliti, catatan penjualan, notulen rapat, dan lainnya. Metode ini bisa menjadi metode utama atau primer bila peneliti melakukan pendekatan analisis isi (content analysis). Untuk penelitian dengan pendekatan lain, metode ini juga memiliki peranan yang penting. Data yang diperoleh dari analisis dokumen bisa dipakai sebagai data pendukung dan pelengkap bagi data primer yang telah diperoleh.

Tes

Merupakna salah satu alat untuk melakukan pengukuran yaitu alat untuk mengumpulkan informasi karakteristik suatu objek. Karakteristik bisa berupa ketrampilan, pengetahuan, bakat, maupun minat yang dimiliki oleh individu ataupun oleh kelompok. 

Baca Juga: Memahami rotasi dan revolusi bumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU