Yuk, Kita simak video meneladani sifat-sifat mulia para Rasul Allah Swt dibawah ini !

Gambar: Iman Kepada Rasul
Sumber: http//pelajaran.co.id

1.     Iman Kepada Rasul Allah Swt.

Beriman kepada Rasul berarti meyakini sepenuh hari akan keberadaan manusia-manusia pilihan Allah Swt. yang diberi wahyu untuk menyebarkan risalah Islam. Wahyu yang diturunkan Allah Swt. kepada para Nabi dan Rasulnya adalah sebagai pedoman hidup sekaligus petunjuk jalan kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat.

Diantara dalil yang menunjukkan kewajiban beriman kepada Nabi dan Rasul adalah Dalam QS. An-Nisa: 165 Allah berfirman:

“Rasul-rasul itu adalah sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, agar tidak ada alasan bagi manusia untuk membantah Allah setelah rasul-rasul itu diutus. Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.”

2.     Nabi dan Sifat-Sifatnya.

Nabi dan Rasul adalah utusan Allah Swt. yang bertugas untuk mengemban amanah dakwah kepada umat manusia. Karena hal tersebut, jumlah Nabi dan Rasul sangat banyak sekali, sebagian ada yang disebutkan kisahnya dalam al-Quran, sebagian lainnya tidak.

Dalam sebuah riwayat Hadis pernah disebutkan bahwa jumlah Nabi ada 124.000 orang dan yang termasuk Rasul ada 315 orang. Dari kesekian banyak Nabi dan Rasul, ada 25 Nabi dan Rasul yang wajib diimani. Nabi dan Rasul adalah manusia-manusia pilihan yang memiliki sifat mulia. Diantara sifat dari para Nabi adalah sebagai berikut:

a.      Shiddiq. Nabi dan Rasul akan selalu berkata kebenaran.

b.      Amanah. Nabi dan Rasul selalu menjalankan amanah yang diterima dan tidak berkhianat.

c.      Tabligh. Nabi dan Rasul selalu menyampaikan wahyu Allah yang diterimanya kepada umatnya.

d.     Fathanah. Allah Swt. mengkaruniai Nabi dan Rasul-Nya sifat Fathanah untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi.

Di antara manfaat dan hikmah beriman kepada Rasul adalah menyempurnakan iman secara utuh, menambah kecintaan kita kepada Rasul, menjadikan Rasul sebagai suri tauladan, dan mendorong untuk melakukan kebaikan-kebaikan.

Baca Juga: Menghormati Orang Tua dan Guru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU