Musik Kreasi Tradisional

Yuk, Kita simak video Musik Kreasi Tradisional dibawah ini!

Apakah kamu senang bermain musik? Ada banyak ragam jenis musik yang ada dapat kamu mainkan. Salah satunya adalah seni musik kreasi. Musik Kreasi Tradisional merupakan hasil pengolahan suara, ritme, harmoni, vokal, melodi, dan tempo yang dikemas menjadi satu menjadi sebuah musik yang dapat dinikmati. Seni musik kreasi tumbuh dan berkembang menjadi beragam jenis. Seperti, musik klasik, musik tradisional, musik kontemporer hingga musik modern. Namun, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai musik kreasi tradisional. 

Musik kreasi tradisional merupakan musik yang berkembang di kalangan masyarakat yang dipengaruhi oleh adat, budaya, hingga tradisi yang ada di suatu daerah. Biasanya musik kreasi tradisional ini menggunakan alat musik tradisional dan bahasa daerah yang khas di daerah tersebut.

Ada beragam jenis musik tradisional di nusantara, antara lain: 

  • Musik Keroncong
Musik Kreasi Tradisional
Sumber: https://indonesia.go.id/

Musik keroncong merupakan jenis musik tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Sebenarnya musik ini merupakan musik yang berasal dari Portugis. Untuk memainkan musik keroncong, dibutuhkan beberapa alat musik seperti ukulele cak, ukulele cuk, suling, gendang, biola, kontrabas dan selo. Tokoh musik keroncong yang sangat dikenal adalah bapak Gesang. 

  • Musik Gambang Kromong 
Musik Kreasi Tradisional
Sumber: https://indonesia.go.id/

Jenis musik tradisional berikutnya yakni musik gambang kromong. Musik gambang kromong ini merupakan musik yang berasal dari Betawi. Musik gambang kromong merupakan musik gabungan antara musik betawi dengan musik Tionghoa. Lagu-lagu yang dimainkan dalam musik gambang kromong ini pun bertema humor dan sindiran. Lagunya dibawakan oleh 2 orang yaitu laki-laki dan perempuan dan dinyanyikan secara bergilir.

  • Gamelan Gong Luang

Gong Luang merupakan jenis musik tradisional yang berasal dari Bali. Seperangkat gamelan ini terdiri dari Gong dan Luang. Konon, luang memiliki arti kata “kurang”, yaitu mengacu pada asal usul kurang perangkat musik gong maka diberi nama Gamelan Gong Luang. Musik ini terdiri dari tiga belas atau lima belas alat musik. Alat musik yang digunakan bermain gamelan Gong Luang adalah Gangsa, Jublag, Jegog, Saron, Trompong, Kendang, Suling, dan Riyong. Jumlah alat musik ini berbeda tiap daerah. Sedangkan susunan nada yang terdapat pada gamelan Gong Luang ini berjumlah tujuh nada atau disebut dengan saih pitu yaitu ndang, ndaing, nding, ndong, ndeng, ndeung, ndung.

Inilah, beberapa musik kreasi tradisional yang ada di Nusantara. Nusantara memiliki beragam kebudayaan seperti musik tradisional yang ada di setiap daerahnya. Sebagai generasi penerus bangsa, kamu jangan sampai meninggalkan kebudayaan yang ada di daerahmu ya. 

Baca Juga: Merancang Karya Tari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU