Merancang Karya Tari

Yuk, Kita simak video Merancang Karya Tari dibawah ini!

Apakah kamu senang menari? Jenis tarian apa yang sering kamu lakukan? Dalam Merancang Karya Tari, Seni tari merupakan salah satu ragam seni yang menggunakan gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk mengungkapkan perasaan, maksud dan pikiran. Seni tari merupakan perpaduan antara unsur irama, raga dan rasa. Sebuah tarian menjadi bentuk pengungkapan jiwa manusia melalui gerak ritmis. Ungkapan jiwa yang dimaksud yakni cetusan rasa dan emosional yang disertai kehendak. Bahkan, setiap gerakan penari pada sebuah tarian mengandung pesan-pesan yang ingin disampaikan oleh seseorang.  

Lalu, bagaimanakah merancang ragam gerak tari itu? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merancang ragam gerak tari. Beberapa hal tersebut antara lain:

  • Ide

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam merancang ragam gerak tari adalah ide. Ide menjadi tema yang menjadi landasan menyusun ragam gerak pada tari, sehingga dapat disusun rencana selanjutnya. 

  • Judul

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam merancang ragam gerak tari adalah judul.

Merupakan buah dari gagasan tema yang direncanakan sehingga dapat menceritakan isi di dalamnya. Judul dibuat sesuai dengan tema tarian. Judul atau nama tarian ini harus sudah mencakup isi dalam tarian. 

  • Bentuk penyajian

Bentuk penyajian merupakan hasil proses garapan rangkaian gerak yang dilakukan secara individu, berpasangan maupun berkelompok. Rangkaian gerak ini haruslah sesuai dengan tema yang ingin digunakan dan judul tarian yang sudah ditentukan. 

  • Musik pengiring 

Hal keempat yang harus diperhatikan dalam merancang karya tari adalah musik pengiring. Musik pengiring ini merupakan serangkaian bunyi-bunyian yang dihasilkan dari alat musik atau olah tubuh manusia yang dipakai sebagai pengiring, pemertegas dan pendukung suasana tarian. Menentukan musik pengiring juga harus sesuai dengan tema yang akan digunakan dalam ragam gerak tari. 

  • Waktu

Hal berikut yang perlu diperhatikan dalam merancang karya tari yakni waktu berlangsungnya tarian. Dalam merancanng karya tari, kamu harus menentukan durasi tarian. Hal ini untuk memperkirakan lamanya gerakan tari yang akan ditampilkan. 

  • Tata rias dan busana

Hal terakhir yang harus diperhatikan dalam merancang gerak tari adalah tata rias dan busana. Hal ini bertujuan untuk lebih memperjelas tema tari dan membantu menghidupkan karakter dan peran penari. Oleh karena itu, saat merancang ragam gerak tari, tentukan juga tata rias dan busana yang akan digunakan. 

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merancang karya tari. Kamu bisa mencoba mengungkapkan ekspresi diri melalui gerakan-gerakan tari. Selamat berkarya!

Baca Juga: Menganalisis Naskah Teater

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU