Menjadi Seniman

Yuk, Kita simak video Menjadi Seniman dibawah ini!

Apakah kamu ingin menjadi seniman? Seniman merupakan orang yang kreatif, inovatif, atau mahir dalam bidang seni. Biasanya, julukan seniman ini diberikan kepada orang yang berbakat atau pandai menciptakan karya seni berupa lukisan, patung, seni teater, seni tari, film, foto, musik dan karya-karya lainnya. Menjadi Seniman harus memiliki bakat dan imajinasi yang tinggi untuk menciptakan suatu karya seni yang memiliki nilai estetik. Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk bisa menjadi seniman yang baik. Beberapa hal ini bisa kamu lakukan secara rutin dan mandiri loh.

Hal yang perlu kamu lakukan antara lain:

  • Meluangkan waktu untuk berlatih

Luangkanlah waktumu untuk menciptakan sebuah seni. Berlatihlah untuk menciptakan berbagai karya seni seperti menggambar, melukis, memahat, atau mungkin fotografi. Teruslah berlatih mengasah kreativitas yang ada pada dirimu. Sebenarnya, setiap orang adalah seniman mereka hanya perlu memanfaatkan sisi kreatif yang ada pada dirinya.

  • Kenali kekurangan dan kelebihan dirimu

Setelah mencoba dan berlatih menciptakan berbagai media seni, selanjutnya putuskan terletak di mana kekuatanmu. Setelah berulang kali mencoba dan berlatih, pasti kamu dapat menentukan di media seni mana kamu merasa nyaman dan merasa bisa melakukannya dengan mudah. Kenalilah kelebihan dan kekurangan dirimu saat mencoba menciptakan berbagai media seni. 

  • Melakukan penelitian dan dasar-dasar seni

Jika kamu sudah menemukan fokus media senimu, pelajarilah sebanyak mungkin tentang media seni tersebut. Kamu dapat mempelajarinya melalui membaca buku, membaca artikel, melihat video dan lakukanlah penelitian berbagai macam pendekatan yang dilakukan seniman lain di media yang sama. Pelajarilah karya-karya seniman lain untuk menambajh pengetahuanmu tentang media seni tersebut. 

  • Membeli perlengkapan yang dibutuhkan

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah membeli perlengkapan seni sesuai dengan media seni yang sudah kamu pilih. Perlengkapan seni memang cukup mahal, akan tetapi sepadan dengan hasilnya. Kamu dapat membeli perlengkapan ini di toko seni atau kerajinan yang ada di sekitar lingkunganmu. Jika kamu tidak yakin apa yang kamu butuhkan, atau seberapa pentingnya suatu benda tertentu, bertanyalah kepada pramuniaga. Kemungkinan mereka memiliki pengetahuan seni yang mendalam. 

Inilah beberapa hal yang perlu kamu lakukan jika ingin menjadi seorang seniman. Teruslah berlatih dan belajar mengasah kemampuan yang ada pada dirimu agar kamu bisa mengenali bakat sebenarnya yang kamu miliki. 

Baca Juga: Musik Kreasi Tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU