Menganalisis Naskah Teater

Yuk, Kita simak video Menganalisis Naskah Teater dibawah ini!

Pernahkah kamu bermain teater? Pertunjukan sebuah teater tidak terlepas dari naskahnya. Naskah teater merupakan sebuah teks yang berisi dialog antar tokoh dengan gambaran karakter-karakter tokoh sebuah cerita dalam pertunjukan teater. Naskah teater dibuat oleh seorang penulis naskah atau biasa disebut dengan sastrawan. Menganalisis Naskah Teater, Biasanya penulisan naskah drama berisi khayalan-khalayan penulis tentang kehidupan manusia. Dalam proses pertunjukan suatu teater, penulis naskah juga merangkap sebagai sutradara, sebab penulis naskah lebih memahami isi naskah yang akan ditampilkan. Namun, ada juga penulis naskah yang kurang memiliki kemampuan dalam menyutradarai pertunjukan teater. Dengan begitu, banyak penulis naskah yang memasrahkan naskahnya kepada orang lain yang lebih mampu menjadi sutradara.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menyusun naskah teater. Beberapa hal tersebut antara lain:

Struktur cerita

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam menyusun sebuah naskah teater adalah stuktur cerita yang akan ditampilkan. Dalam menentukan struktur cerita ini, penulis naskah harus dapat menyeimbangkan bagian adegan permulaan dan bagian adegan terakhir. Hal ini berfungsi untuk mewujudkan sebuah struktur dramatik yang menarik. Bagian struktur cerita ini berhubungan dengan alur cerita dalam naskah. Selain itu, tentukan juga babak teater yang akan dibuat.

Babak merupakan bagian dari lakon teater. 

  • Karakter

Hal kedua yang harus diperhatikan dalam menyusun naskah teater adalah karakter tokoh. Karakter merupakan perwatakan yang terdapat dalam tokoh-tokoh cerita dalam pertunjukan teater. Dalam hal ini, penulis naskah harus menentukan jumlah tokoh sekaligus karakter yang dimiliki oleh setiap tokoh yang dibutuhkan dalam cerita yang akan ditampilkan. 

  • Diksi

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah diksi. Diksi yang dimaksud yakni bahasa verbal atau kata-kata yang akan diucapkan oleh seorang tokoh dalam pementasan teater. Akan tetapi, bahasa ungkap dalam pertunjukan teater tidak hanya sekadar kata-kata saja. Dapat juga berupa bahasa visual, bahasa musik para pemain musik, dan bahasa gerak yang dilakukan oleh tokoh. Naskah yang baik dapat memberi banyak keluasan sutrdara dalam menggunakanj aneka bahasa ungkap. 

  • Ide/gagasan

Hal keempat yang perlu diperhatikan dalam menyusun naskah teater adalah ide atau gagasan. Ide atau gagasan dalam naskah teater ini disebut juga dengan tema teater. Tema teater ini akan menjadi gagasan atau pokok pikiran dasar penyusunan cerita pada naskah teater. Tema ini juga dapat dijadikan pedoman untuk bertingkah laku dalam pementasan teater. 

  • Perlengkapan

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam penyusunan naskah drama adalah perlengkapan. Perlengkapan dalam pertunjukan drama dapat berupa perlengkapan pemain dan perlengkapan panggung. Perlengkapan pemain atau handprop adalah perlengkapan yang digunakan atau dibutuhkan pemain dalam memerankan karakter cerita. Sedangkan perlengkapan panggung biasanya disimpan di atas panggung sebagai pelengkap dalam pertunjukan teater. Perlengkapan dalam pertunjukan teater ini haruslah disesuaikan dengan tema yang diambil dalam pertunjukan teater. 

Nah, itulah beberapa hal yang harus dianalisis atau diperhatikan sebelum menyusun naskah teater. Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, kamu akan lebih mudah dan lebih sistematis dalam menyusun naskah teater. Selamat berkarya!

Baca Juga: Menjadi Seniman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU