Masuknya Islam di Indonesia

Yuk, Kita simak video Masuknya Islam di Indonesia dibawah ini!

Masuknya Islam di Indonesia, Islam adalah agama yang mayoritas dianut oleh warga masyarakat Indonesia. Semua ini tidak terlepas dari jasa para ulama dan walisanga terdahulu yang telah mendakwahkan Islam ke seluruh pelosok Nusantara ini. Mereka menggunakan berbagai metode dalam mengembangkan Islam dengan apik dan penuh kedamaian.

Masuknya Islam di Indonesia
Gambar: Perjalanan Dagang Bahasa Arab
Sumber: https://lh3.googleusercontent.com/GshLVCIPw3xY1FSU8fizKPp0hbbEi9-m63hVgu0VWrLXZ6c6Mz-lH76yTO_U0_aEjQ0ucRc=s113

Islam masuk dan tersebar di Indonesia dilakukan oleh para pedagang yang berniaga di Indonesia (pada saat itu disebut dengan Nusantara). Mereka kebanyakan berasal dari Arab, Persia maupun Gujarat, India. Pada masa itu penduduk setempat masih menganut agama Hindu Budha dan mayoritas masih percaya hal-hal ghaib (animisme dinamisme). Berdasarkan temuan sejarah dan bukti-bukti, para ilmuwan berbeda pendapat dalam menjelaskan kapan awal pertama kalinya Islam masuk dan berkembang di Indonesia.

Islam masuk sejak abad 7 M

Sebagian ilmuwan menjelaskan bahwa sejak awal abad ke 7 para pedagang Arab dan berbagai daerah lainnya sudah melakukan hubungan perdagangan dengan masyarakat Nusantara, tepatnya di wilayah Sumatra. Sebagian riwayat juga menyebutkan, pada abad tersebut sudah didapatkan pemukiman muslim Arab di pesisir Barat Sumatra. Mereka menikahi penduduk setempat, sehingga melahirkan komunitas muslim yang cukup banyak.

Islam masuk sejak abad 11 M

Satu-satunya sumber yang menyebutkan bahwa Islam masuk di Indonesia pada abad 11 M adalah ditemukannya makan Fatimah binti Maimun leh JP. Moquette di gresik Jawa Timur pada tahun 1911. Di atas makam tersebut tertulis jelas prasasti yang berangka 1082 M. Fatimah binti Maimun adalah putri dari raja Gedah.

Islam masuk sejak abad 13 M

Selain itu, ada juga ilmuwan yang menyatakan bahwa masuknya Islam di Nusantara adalah semasa dengan runtuhnya daulah Abbasiyah di Baghdad pada tahun 1258 M. pernyataan ini juga dikuatkan oleh Marco Polo dengan ditemukannya nisan Malik Shalih di Samudera Pasai.

Pada pedagang muslim yang sekaligus menjadi dai di Indonesia melakukan islamisasi dengan berbagai cara dan metode. Sebagian ulama dan wali ada yang berkonsentrasi melakukan penyebaran dakwah  dengan menggunakan saluran perdagangan, pendidikan, kesenian, perkawinan dan politik.

Dengan berbagai saluran ini, para ulama mampu menjangkau seluruh kalangan masyarakat, baik elitnya, yaitu para raja dan bangsawan ataupun awamnya yang terdiri dari para petani, pengrajin dan masyarakat umum lainnya.

Islam masuk di Indonesia mula-mula berawal dari pulau Sumatra tepatnya di wilayah Aceh dan yang kemudian menyebar ke wilayah Malaka, kemudian ke Jawa dan menyebar ke sebagian wilayah Kalimantan Barat. Karena keberhasilan Walisanga dalam mendakwahkan Islam di Jawa, akhirnya Islam bisa disebar di wilayah Sulawesi dan sebagian Maluku.

Baca Juga: Kerajaan Islam di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU