Kerajaan Islam di Indonesia

Yuk, Kita simak video Kerajaan Islam di Indonesia dibawah ini!

Salah satu tanda dari keberhasilan para ulama dan Walisanga dalam melakukan islamisasi di Indonesia adalah berdirinya kerajaan-kerajaan Islam di berbagai daerah, baik di Jawa, Sumatra maupun yang lainnya. Kerajaan Islam di Indonesia ada sekitar abad 13 hingga 15 M, yaitu bertepatan dengan semakin lemahnya pengaruh kerajaan Majapahit di Jawa.

Kerajaan Islam di Indonesia
Gambar: Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta
Sumber: https://www.viva.co.id/

Diantara kerajaan-kerajaan Islam yang pernah mewarnai sejarah Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Kerajaan Samudera Pasai

Berdiri sekitar abad 13 M yang didirikan oleh Nazimuddin al-Kamil di kota Lhokseumawe Aceh Utara. Dalam sejarah semakin terkenal dikarenakan sultan berhasil menjadikan menjadikan kekuasaannya sebagai pusat perdagangan di Asia dan juga sebagai pusat penyebaran dakwah Islam di Indonesia. Kerajaan ini runtuh lantaran serangan Portugis pada tahun 1521 M.

  • Kerajaan Malaka

Didirikan oleh seorang Hindu yang bernama Prameswara sekitar tahun 1380-an, namun tidak berselang lama ia pun memeluk agama Islam. Pada masa kejayaannya, Kerajaan Malaka mampu mengusai beberapa daerah penting di Indonesia, termasuk diantaranya daerah Riau, Sumatra bagian tengah, Kalimantan Barat dan serawak. Sebagaimana Kerajaan Samudera Pasai, Kerajaan ini runtuh akibat serangan bangsa Portugis pada 1511 M.

  • Kerajaan Aceh Darussalam

Berdiri pada tahun 1496 M. Puncak kejayaan kerajaan ini terjadi di masa Sultan Iskandar Muda sekitar awal abad 17 M, yaitu ketika sang Sultan berhasil melakukan penyerangan terhadap kekuasaan Portugis yang melakukan penjajahan di Indonesia. Kerajaan ini mulai mengalami kemunduran ketika banyak konflik internal yang terjadi.

  • Kerajaan Demak

Berdiri pada tahun 1478 M oleh Raden Fatah yang mendapat restu secara langsung dari Walisanga. Pada masa itu, kerajaan Demak mampu menjadi kota pusat perdagangan dan pendidikan Islam di tanah Jawa. Wilayah kekuasaannya meliputi, Pati, Jepara, Semarang, sebagian Jawa Barat, Jawa Timur dan Kalimantan. 

Kerajaan Islam di Indonesia
Gambar: Masjid Agung Demak
Sumber: https://www.viva.co.id/

Selanjutnya,

  • Kerajaan Pajang

Merupakan kelanjutan dari Kerajaan Demak. Kekuasannya dimulai ketika Jaka Tingkir (Hadiwijaya) berhasil memindahkan kekusaan Demak ke Pajang Kartasura Jawa Tengah. Kerajaan ini tidak berumur panjang karena terjadi perebutan kekuasaan dari keluarga kerajaan.

  • Kerajaan Banten

Didirikan oleh Sultan Hasanuddin di tengah terpaan konflik di kerajaan Demak. Kerajaan ini dikenal sebagai wilayah penghasil lada dan rempah terbaik. Pada masa ini selat sunda menjadi jalur perdagangan dunia, yang bisa lalui para pedagang-pedagang Arab, Persia dan India.

Kerajaan ini mulai mengalami kemunduran ketika VOC melakukan campur tangah dalam urusan kerajaan. Berawal dari sini kerajaan mengalami konflik yang tak berkesudah sehingga mengakibatkan keruntuhan pada tahun 1813 M.

  • Kerajaan Mataram Islam

Berdiri pada abad ke 17 M oleh Ki Agang Sela dan Ki Ageng Pamanahan. Wilayah kekuasaan Mataram kira-kira sekarang terletak di timur kota Yogyakarta. Pada tahun 1755 kerajaan Mataram mengalami perpecahan yaitu dengan dibaginya kekuasaan menjadi kasunanan Surakarta dan Kesultanan Ngayogyakarta. Bersamaan dengan itu berakhilah kekuasaan Mataram Islam.

Baca Juga: Pesantren sebagai Pusat Keilmuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU