Yuk, Kita simak video mengenal peninggalan bersejarah di Indonesia dibawah ini!

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=d6CBwcDXCcQ

Wilayah Indonesia yang luas dan menjadi jalur perdagangan di masa lampau menyimpan banyak sekali peninggalan-peninggalan bersejarah yang memiliki peran penting dalam pembentukan bangsa Indonesia. Hingga saat ini masih banyak ditemukan peniunggalan peninggalan pada masa lampu yang terdapat di berbagai daerah di Indonesia.

Oleh sebab itu  sebagai generasi bangsa kita perlu mengenal dan melestarikan peninggalan-peninggalan masa lampu yang terdapat di Indonesia. Sehingga di kemudian hari tidak terjai kepunahan. Adapun beberapa peninggalan yang perlu diketahui adalah sebagai berikut ini.

  • Arca

Arca yaitu patung yang diproduksi dengan tujuan utama sebagai media keagamaan, yaitu sarana dalam memuja tuhan atau dewa-dewinya. Arca berlainan dengan patung kebanyakan, yang yaitu hasil seni yang dimaksudkan sebagai sebuah keindahan. Oleh karenanya, membuat sebuah arca tidaklah sesederhana membuat sebuah patung.

Sekarang di dalam alam keagamaan Indonesia dikenal tiga jenis arca, yakni arca peninggalan agama Hindu, arca peninggalan agama Budha, dan arca agama Kristen (terutama Katolik). Contoh arca yang ada di Indonesia, seperti archa Ganesha, Arca Prajnaparamita, arca Buddha Amarawati, dan masih banyak lagi.

  • Candi

Candi adalah istilah dalam Bahasa Indonesia yang merujuk untuk sebuah kontruksi keagamaan tempat ibadah peninggalan purbakala yang berasal dari peradaban Hindu-Buddha.Kontruksi ini dipergunakan sebagai tempat pemujaan dewa-dewi ataupun memuliakan Buddha. Contoh candi yang terdapat di Indonesia adalah:Candi Prambanan di Yogyakarta dan Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Gambar : Candi Borobudur adalah salah satu peninggalan bersejarah di Indonesia
Sumber : https://www.indonesia.travel/
  • Makam

Prasasti peninggalan islam di gresik, jawa timur yang usianya hampir 1.000 tahun. Tepatnya berada di di Dusun Leran, Desa Pesucian, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik Jawa Timur. Di sana terdapat bukti arkeologi islam yang menunjukkan inskripsi kronogram 475 hijriah atau sama dengan tahun 1082 masehi. Arkeologi tersebut merupakan makam fatimah binti maimun bin hibatallah. Makam ini disinyalir sebagai arkeologi islam tertua di bumi nusantara.

Peninggalan sejarah seharusnya tetap dilestarikan dan dirawat agar tidak terlupakan dan sebagai bentuk penghargaan kita atas perjuangan para pahlawan dalam menghadapi penjajahan yang terjadi pada masa lalu

Baca Juga : Cara Mengatasi Kelangkaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU