Perubahan Iklim di Bumi

Yuk, Kita simak video Perubahan Iklim di Bumi dibawah ini !

Perubahan iklim merupakan pola perubahan cuaca disuatu wilayah dalam jangka panjang. Salah contohnya adalah Perubahan iklim di Bumi, Hal ini menyebabkan banyak masalah lingkungan.

Perubahan iklim sering dikaitkan dengan banyak faktor: 

  • Efek Rumah Kaca
https://img.eramuslim.com/media/2018/01/pemanasan-global.jpg
Gambar:  Arus Laut di Dunia
Sumber: https://www.eramuslim.com/

Efek rumah kaca atau ‘Greenhouse effect’ adalah keadaan ketika panas (radiasi matahari) terperangkap di atmosfer (lapisan troposfer). Hal tersebut membuat suhu permukaan bumi menjadi lebih hangat. Fenomena tersebut disebabkan oleh gas rumah kaca. Adanya evek rumah kaca menyebabkan semakin banyak panas yang terperangkap dan membuat bumi menjadi lebih hangat. Inilah yang menyebabkan terjadinya pemanasan global. Aktivitas manusia yang menghasilkan gas rumah kaca dalam jumlah besar antara lain;

  1. Pembakaran bahan bakar fosil, seperti mengendarai kendaraan bermotor
  2. Deforestasi
  3. Pertanian dan peternakan
  4. Penggunaan cholorofluorocarbon (CFC) untuk lemari es dan aerosol
  5. Limbah gas industri, dan lain-lain
  • Pemanasan Global

Fenomena perubahan iklim berawal dari pemanasan global. Pemanasan global merupakan keadaan dimana suhu bumi mengalami kenaikan dibandingkan sebelumnya. Kenaikan suhu tersebut disebabkan oleh peningkatan emisi gas karbon dioksida dan gas rumah kaca lainnya. Akibatnya, gas rumah kaca akan memerangkap panas di bumi sehingga terjadi kenaikan suhu. Hal tersebut akhirnya memengaruhi keadaan iklim yang berdampak kepada perubahan pola cuaca.

  • Kerusakan Lapisan Ozon

Lapisan ozon (O3) terletak di stratosfer dan berfungsi untuk menghalau radiasi ultraviolet B (UV-B) dari matahari. Jika terjadi kerusakan pada lapisan ozon, maka bumi akan mudah terpapar radiasi sinar UVB. Radiasi UVB berbahaya bagi makhluk hidup, sehingga berpotensi mengganggu keseimbangan ekosistem. Gas rumah kaca yang menyebabkan kerusakan lapisan ozon ialah CFC.

  • Keusakan fungsi hutan

Hutan berfungsi menyimpan dan mengolah karbondioksida di atmosfer. Jika hutan beralih fungsi dan adanya pembakaran atau penggundulan huutan maka hutan tidak akan berfungsi lagi. Dengan merusak hutan akan melepaskan sebagian besar karbondioksida, dan mengurangi jumlah penangkapan karbon di bumi. Akibatnya akan menimbulkan peningkatan suhu bumi

Adanya perubahan iklim tersebut menyebabkan berbagai dampak. Dampak tersebut dapat dirasakan oleh semua makhluk hidup ataupun lingkungan.

Berikut merupakan dampak dari adanya perubahan iklim

  • Perubahan salju ataupun es

Meningkatnya suhu permukaan menyebabkan penurunan massa es. Penurunan massa es menyebabkan peningkatan permukaan air laut

  • Kenaikan permukaan air laut

Kenaikan permukaan air laut disebabkan air dari lapisan es dan gletser yang mencair dan perluasan air laut saat menghangat. Pencairan es menyebabkan ketinggian laut terus meningkat setiap tahunnya. Kenaikan permukaan laut memiliki dampak buruk pada populasi yang tinggal di daerah pesisir.

  • Perubahan pola cuaca yang ekstrim

Perubahan iklim menyebabkan perubahan frekuensi, intensitas, luas spasial, durasi, dan waktu cuaca dan iklim ekstrim. Beberapa perubahan dalam pola cuaca termasuk peningkatan jumlah hari hangat dan malam serta penurunan hari dan malam yang dingin dan peningkatan frekuensi dan intensitas suhu harian yang ekstrim.

  • Penyakit

Karena kondisi lingkungan yang semakin panas dan bertambah lembab, penyakit seperti malaria akan lebih mudah menyebar. Penyakit pada tanaman juga akan menyebar dan menghancurkan pertanian.

  • Bencana hidrologi

Bencana alam, hasil dari perubahan iklim, meningkatkan badai dan cuaca ekstrim. Kondisi ini yang mungkin dapat terjadi adalah badai, banjir, kekeringan dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Macam-Macam Arus Laut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU