Ungkapkan Pikiran Dengan Menulis Puisi

Yuk, Kita simak video Ungkapkan Pikiran dengan Menulis Puisi dibawah ini!

Pernahkah kamu merasa punya banyak pikiran namun tidak dapat diceritakan kepada banyak orang? Nah, jika kamu pernah merasakan, kamu bisa ungkapkan pikiran dengan menulis puisi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, puisi merupakan gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman hidup dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus. Puisi biasanya berupa ungkapan pikiran dan perasaan dari penyair yang ditulis secara imajinatif dan fokus pada unsur-unsur pembentuk puisi.

Gambar: Menulis Puisi
Sumber https://www.gulalives.co/

Sebelum menulis puisi, perhatikan langkah-langkah menulis puisi berikut ini :

  • Menentukan Tema dan Judul Puisi 

Langkah awal dalam menulis puisi yakni menentukan tema dan judul puisi yang akan dibuat.  Pilihlah tema menarik yang mungkin sesuai dengan apa yang sedang kamu pikirkan. Setelah menemukan tema, langkah selanjutnya menentukan judul puisi yang berpacu dengan tema.  

  • Menentukan Kata Kunci

Jika kamu sudah menentukan tema yang akan dibuat dalam sebuah puisi, maka selanjutnya kamu harus menentukan kata kunci yang berhubungan dengan tema. Misalnya saja kamu membuat satu kata kunci yang berhubungan dengan tema digunakan untuk satu larik puisi kemudian kamu mengembangkannya dalam sebuah kalimat.

  • Menggunakan Gaya Bahasa

Langkah selanjutnya dalam menulis puisi yakni menggunakan gaya bahasa. Gaya bahasa atau majas merupakan cara khas dalam menyatakan pikiran dan perasaan dalam bentuk lisan maupun tulisan. Gaya bahasa digunakan untuk menarik hati pembaca agar tidak bosan saat membaca sebuah karya sastra. Ada banyak macam gaya bahasa, diantaranya  gaya bahasa penegasan, gaya bahasa perbandingan, gaya bahasa sindiran, gaya bahasa pertentangan. Kamu bisa memilih gaya bahasa yang sesuai dengan puisi yang akan dibuat.

  • Mengembangkan Puisi

Langkah berikutnya yakni mengembangkan langkah-langkah sebelumnya menjadi sebuah puisi yang indah. Susunlah kata, frasa atau kalimat menjadi puisi yang menarik untuk dibaca dan memiliki makna yang mendalam. Dalam menulis puisi, usahakan harus ringkas, padat dan memiliki diksi yang indah.  

Itulah beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam menulis sebuah puisi yang baik. Setelah mengetahui langkah-langkah pembuatan puisi tersebut, kamu bisa memulai untuk menulis sebuah puisi.

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
-Pramoedya Ananta Toer –

Baca Juga : Yuk Belajar Bernegosiasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU