Menulis Biografi Diri Sendiri

Yuk, kita lihat vidio Langkah-Langkah Menulis Biografi Diri Sendiri di bawah ini :

Pernahkah kamu membaca sebuah biografi? Atau kamu pernah menulis sebuah biografi? Biografi merupakan  riwayat atau perjalanan hidup seseorang yang ditulis dalam beberapa kalimat atau bahkan dalam sebuah buku. Pada umumnya, biografi berisi kehidupan seseorang mulai dari lahir sampai saat ini atau mungkin sampai meninggal dunia. Nah, untuk mengenalkan diri kamu kepada khalayak ramai, kamu bisa memulainya dengan menulis biografi dirimu sendiri.

Menulis Biografi Diri Sendiri
Gambar Biografi RA. Kartini
Sumber https://www.darumouse.com/

Perhatikan langkah-langkah berikut ini :

  •  Pengenalan  Diri

Langkah awalnya yakni memperkenalkan dirmu sendiri. Tulislah nama lengkapmu, tempat dan tanggal lahirmu, Di bagian pengenalan diri ini kamu juga bisa menceritakan latar belakang orang tuamu, menceritakan saudara kandungmu. Bisa juga kamu menceritakan riwayat Pendidikan yang disertai tahun dan tempat kamu bersekolah. Dapat juga ditambah cerita atau pengalaman-pengalaman menarik ketika kamu menempuh Pendidikan tersebut.

  • Peristiwa dan Kejadian Penting

Di bagian peristiwa dan kejadian penting ini kamu bisa menceritakan pengalaman-pengalaman hidupmu yang sangat berkesan yang bisa membawa dirimu dalam keadaan seperti saat ini. Misalnya saja kejadian atau peristiwa yang memotivasimu, prestasi-prestasi yang pernah kamu peroleh dan sertakan juga sedikit cerita bisa mendapatkan prestasi tersebut, dan cerita pengalaman mengikuti kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi orang lain.

  • Penutup

Di bagian penutup ini, kamu bisa menceritakan harapan atau cita-citamu di masa depan. Bisa juga kamu menambahkan kata mutiara yang menjadi pedoman hidupmu saat ini. 

Nah itulah beberapa langkah yang harus dilakukan dalam menulis biografi diri sendiri. Buatlah tulisan-tulisan yang banyak memberi motivasi orang lain. Tunjukan sisi menarik yang ada pada dirimu , tunjukan kelebihan yang ada pada dirimu agar bisa menjadi inspirasi orang lain.  Setelah memahami langkah-langkah penulisan biografi diri sendiri, kamu bisa mencoba untuk menulis biografi dirimu sendiri.

Baca Juga : Ungkapkan Pikiran Dengan Menulis Puisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU