Memahami Teknik Debat

Yuk, Kita simak video cara Memahami Teknik Debat di bawah ini !

Dalam kehidupan sehari-hari, sering dijumpai perbedaan pendapat dan perbedaan sudut pandang dengan orang lain. Adanya perbedaan pendapat dan sudut pandang inilah yang menjadi pemicu munculnya kegiatan debat.

Debat merupakan pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing. Biasanya, topik yang diambil dalam kegiatan debat merupakan topik yang sedang dibicarakan oleh banyak orang. Untuk bisa melaksanakan debat dengan baik, harus bisa memahami teknik-teknik pelaksanaan debat. Jika dalam pelaksanaan debat tidak memahami teknik-tekniknya terlebih dahulu, bisa menimbulkan permusuhan antarpihak yang terlibat dalam pelaksanaan debat dan tentu saja hal ini menghambat jalannya kegiatan debat.

Untuk melaksanakan debat dengan baik lakukan cara-cara berikut ini:

  • Memahami Topik 

Sebelum melaksanakan kegiatan debat, pastikan Anda memahami topik yang akan dibicarakan. Hal ini akan membantu Anda menghindari kesalahan penafsiran dan membantu Anda untuk menyiapkan argumen yang tepat.

  • Menyiapkan Argumen 

Dalam menyampaikan argumen pada saat kegiatan debat, Anda harus menyertakan bukti-bukti yang kuat dan sesuai fakta. 

  • Fokus pada Topik

Pada saat pelaksanaan debat, usahakan Anda tetap fokus pada topik yang menjadi tema kegiatan debat. Usahakan jangan sampai pembicaraan berada jauh dari topik perdebatan. Jika lawan debat Anda pembicaraannya sudah jauh dari topik debat, Anda bisa mengingatkannya atau memberi sanggahan agar pembahasan kembali pada topik perdebatan.

  • Tidak Menyerang Lawan

Meski dalam keadaan terdesak, tetap usahakan untuk bisa mengendalikan emosi. Mempertahankan argumen memang penting, namun jangan jadikan alasan untuk bisa menyerah pribadi lawan karena dalam kegiatan berdebat, yang diserang pendapatnya bukan orangnya.

  • Percaya Diri

Sebelum melaksanakan debat Anda harus membangun rasa percaya diri terlebih dahulu. Jika Anda menyampaikan argumen dengan rasa percaya diri yang tinggi, orang lain yang mendengarkan akan ikut yakin dengan pernyataan Anda. Hindari pembicaraan yang terbata-bata karena grogi. Hal ini dapat menjadi peluang lawan dalam menjatuhkan argumen Anda. Untuk melatih rasa percaya diri, berdoalah sebelum melaksanakan kegiatan debat dan banyaklah berlatih. 

Itulah beberapa teknik yang dapat Anda lakukan agar kegiatan debat berjalan dengan baik.

Baca Juga : Menulis Biografi Diri Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU