Yuk Belajar Bernegosiasi!

Yuk, Kita simak video Belajar Bernegosiasi dibawah ini !

Sudah pernahkah kamu melakukan negosiasi?

Negosiasi sangat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti di Sekolah, di Rumah, di Kantor dan sering kita jumpai terjadi di Pasar. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, negosiasi adalah proses tawar-menawar dengan jalan berunding untuk mencapai kesepakatan bersama antara pihak satu dengan pihak yang lain.

Belajar Bernegosiasi
Gambar. Proses Negosiasi
Sumber : https://www.softskill.asia/

Kesepakatan yang diperoleh dalam negosiasi harus saling menguntungkan kedua belah pihak. Tidak boleh ada pihak yang merasa dirugikan. Tujuan dilakukan negosiasi untuk menyelesaikan konflik yang terjadi antara pihak-pihak yang memiliki perbedaan pendapat. 

Dalam melakukan negosiasi harus melibatkan minimal dua orang atau bisa juga dilakukan lebih dari dua orang.  Proses negosiasi biasanya juga melibatkan barang maupun jasa karena adanya barang maupun jasa tersebut yang menyebabkan terjadinya negosiasi. Misalnya saja proses negosiasi yang terjadi di Pasar.

Seorang pembeli ingin membeli sebuah kemeja batik di Pasar Klewer Surakarta namun, harga kemeja batik tersebut tidak sesuai perkiraan si pembeli. Kemudian pembeli bernegosiasi kepada penjual agar bisa mendapatkan kemeja batik tersebut dengan harga terendah yang sudah disepakati antara penjual dengan pembeli.

Apabila keduanya sudah saling sepakat maka negosiasi yang dilakukan sudah mencapai kesepakatan yang menguntungkan kedua pihak.

Proses negosiasi harus dilakukan secara langsung.

Maksudnya dalam melakukan negosiasi antara pihak satu dengan pihak yang lain harus saling bertatap muka. Dalam bernegosiasi hindari beberapa sifat seperti tidak mau mengerti dan menghormati pendapat orang lain, selalu berusaha ingin memenangkan pendapat sendiri, terlalu fokus pada diri sendiri, tidak dapat mengendalikan diri sendiri, dan terlalu mudah menyalahkan orang lain.

Pahamilah bahwa setiap orang atau setiap lawan bicara kita memiliki perbedaan pendapat dan pandangan. Pahamilah bahwa setiap orang atau setiap lawan bicara kita memiliki perbedaan pendapat dan pandangan.

Oleh karena itu, dalam bernegosiasi harus bisa menerima pendapat orang lain walaupun pendapat tersebut tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Dalam melakukan negosiasi juga harus memperhatikan tata bahasa yang baik dan santun. Itulah pentingnya kita belajar bernegosiasi.

Biasanya, pihak yang melakukan negosiasi selalu menggunakan bahasa yang persuasif, yakni bahasa yang bersifat membujuk secara halus supaya pendengar menjadi yakin dengan pendapatmu. Yuk belajar bernegosiasi yang baik.

Baca Juga : Memahami Teknik Debat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU