Ajal Pasti Tiba

Yuk, Kita simak video Ajal Pasti Tiba dibawah ini!

Pernahkah kalian memikirkan tentang kematian? Bagaimana rasanya mati? Bagaimana kehidupan kita setelah kematian? Apa selanjutnya yang akan terjadi? Apakah nyawa kita akan dicabut dalam keadaan husnul khotimah atau suul khotimah?

Ajal Pasti Tiba dan akan datang secara tiba-tiba dan tanpa pemberitahuan, tidak memandang kita sudah siap atau belum saat menemuinya. Kematian itu pasti bagi seluruh makhluk Allah Swt., bahkan bumi pun akan menemui kematiannya yaitu kehancuran alam semesta. Sebagaimana Allah Swt. tegaskan dalam firman-Nya:

Artinya:

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). dan hanya kepada kamilah kamu dikembalikan.” (Q.S. al-Anbiya’: 35)

Artinya:

“Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, Kendatipun kamu di dalam benteng yang Tinggi lagi kokoh…” (Q.S. an-Nisa’: 78)

Allah Swt. telah menegaskan bahwa kematian mutlak akan dialami siapapun di alam semesta ini. Dengan mengingat mati, hati akan menjadi lembut dan menghacurkan sifat tamak pada dunia. Mari bayangkan saat-saat sakaratul maut, detik-detik yang menyakitkan. Ketika kematian tiba, tidak ada yang dapat menolong kita, tidak ada yang bisa menemani kita di kuburan kecuali iman dan amal sholih. Keluarga, harta, teman, jabatan, prestasi akan meninggalkan kita. 

Setiap orang yang ceroboh dengan kemaksiatan ataupun kekufuran di dunia ini akan dibelenggu oleh penyesalan tak berkesudahan, saat malaikat mulai menyiksa maka orang yang ceroboh di dunia akan meminta untuk dikembalikan lagi ke dunia meski sejenak saja untuk melakukan amal sholih. Namun tidak ada guna lagi ketika kesempatan yang Allah Swt. beri telah disia-siakan. Saat kematian datang, tertutuplah kesempatan untuk memohon ampunan Allah Swt. dan harus mempertanggungjawabkan apa-apa yang telah dilakukan di dunia. Jadi, persiapan menghadapi kematian harus dilakukan sebaik mungkin dengan tetap berdoa mohon untuk diwafatkan dalam keadaan husnul khatimah. Wallahu a’lam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU