Permainan Sepak Bola

Yuk, Kita simak video Permainan Sepak Bola dibawah ini!

Sepak Bola berasal dari dua kata yaitu “Sepak” dan “Bola”. Sepak atau meyepak dapat diartikan menendang (menggunakan kaki) sedangkan “bola” yaitu alat permainan yang berbentuk bulat berbahan karet, kulit atau sejenisnya. Secara pengertian sepak bola di artikan sebagai cabang olahraga yang menggunakan bola yang terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang beranggotakan 11 pada tiap tim dan beberapa orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

Permainan Sepak Bola bertujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan. Dimana tim yang berhasil mencetak gol terbanyak pada akhir pertandingan menjadi pemenangnya.

Posisi Pemain Dalam Sepak Bola

Dalam satu tim pemain sepak bola berjumlah 11 orang. tugas dari setiap pemain umunya adalah sebagai berikut.

  • 1 orang penjaga gawang yaitu satu-satunya pemain dalam sebuah tim yang bisa menggunakan tangan untuk menghalangi bola menuju gawang dari serangan tim lawan.
  • 2 hingga 4 orang pemain bertahan (back) mempunyai tugas utama untuk menghalangi dan menutup pergerakan tim lawan.
  • 2 hingga 5 orang pemain tengah memiliki Tugas utama dari pemain tengah adalah mengatur tempo permainan dan menjadi penyokong peran bek dan striker dalam tim.
  • 1 hingga 3 orang penyerang (striker) mempunyai tugas utama untuk mencetak gol ke gawang lawan.
  • Ada pula pemain sayap yang memiliki tugas di sisi kanan atau kiri lapangan.
  • Kapten tim adalah jabatan pemain yang terpilih di antara para pemain yang memiliki tugas memimpin dan mengoordinasi para pemain agar bermain secara tim di lapangan.

BACA JUGA: Lempar Cakram

Lapangan Permainan Sepak Bola

Permainan Sepak Bola
Gambar. Lapangan sepak bola
Sumber: https://nurmurt.blogspot.com/2018/07/ukuran-lapangan-sepak-bola-mini.html

Ukuran lapangan sepak bola internasional untuk dewasa yaitu memiliki panjang sekitar 100-120 meter dan lebar 65-75 meter. Pada bagian tengah kedua ujung lapangan terdapat area gawang berbentuk persegi empat dengan lebar sekitar 7.32 meter dan tinggi 2.44 meter. Pada bagian depan gawang terdapat area penalti yang berjarak sekitar 16.5 meter dari gawang. Area tersebut adalah batas kiper boleh menangkap bola dengan tangan dan menentukan kapan pelanggaran mendapatkan hadiah tendangan penalti atau tidak.

Dalam permainan sepak bola ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai pemain, yaitu

  • Menendang (kicking)
  • Menghentikan atau Mengontrol (stoping)
  • Menggiring (dribbling)
  • Menyundul (heading)
  • Menjaga Gawang (Goal Keeping)
  • Merampas (tacling)
  • Lemparan kedalam (trow-in)

Lama Permainan Sepak Bola

Lama permainan sepak bola normal yaitu 2 x 45 menit, dengan ditambah waktu istirahat selama 15 menit diantara kedua babak. Jika kedudukan seimbang maka diadakan perpanjangan waktu selama 2 x 15 menit hingga didapatkan pemenang, Tapi jika masih sama kuat maka dilakukan adu pinalti. Wasit dapat menentukan waktu tambahan setiap akhir babak sebagai pengganti dari waktu yang hilang akibat pergantian pemain, cedera yang membutuhkan pertolongan, atau penghentian lainnya. Waktu tambahan tersebut disebut dengan injury time atau stoppage time.

Gol yang dicetak pada perpanjangan waktu akan dihitung menjadi skor akhir pertandingan, sedangkan gol yang dicetak saat adu penalti hanya menentukan jika sebuah tim dapat melaju ke pertandingan selanjutnya ataupun tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU