Waktu Pelaksanaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Yuk, Kita simak video Waktu Pelaksanaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal dibawah ini!

Kapan Waktu Pelaksanaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal? Dan apa itu Zakat? Zakat merupakan sejumlah harta tertentu yang telah mencapai syarat tertentu yang diwajibkan oleh Allah untuk dikeluarkan dan diberikan kepada yang berhak menerimanya dengan persyaratan tertentu pula. Dibagi menjadi 2 yaitu zakat fitrah dan zakat maal. Zakat fitrah yaitu kewajiban seorang muslim yang terlahir sebelum shalat idul fitri dan meninggal sebelum shalat idul fitri. Sedangkan zakat maal adalah zakat yang dikeluarkan apabila telah mencapai nishab dan haul. (Baca juga: Tata Cara Pelaksanaan Ibadah Haji Umrah)

Berikut waktu pelaksanaan zakat Fitrah dan Zakat mal.

Waktu Pelaksanaan Zakat Fitrah

Waktu zakat fitrah ialah sewaktu terbenam matahari pada malam hari raya. Meskipun demikian, tidak ada halangan bila dibayar sebelumnya, asalkan dalam bulan Ramadhan. Ada beberapa perbedaan mengenai waktu pengeluaran zakat fitrah.

  • Menurut Hanafi

Tidak ada batas awal dan batas akhir untuk mengeluarkan zakat fitrah, maksimal 1 Syawal.

  • Menurut Maliki

Sejak dua hari sebelum hari raya sampai terbenam matahari 1 Syawal.

  • Menurut Syafi’i

Sejak hari pertama Ramadhan sampai terbenamnya matahari 1 Syawal.

  • Menurut Hanbali

Dua hari sebelum hari raya idul fitri.

Waktu Pelaksanaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal
Gambar : ilustrasi zakat
Sumber: https://www.liputan6.com/

Berikut ini merupakan beberapa waktu dan hukum membayar zakat fitrah pada waktu itu:

  • Yang diperbolehkan, yaitu dari awal Ramadhan sampai hari penghabisan Ramadhan.
  • Waktu wajib, yaitu mulai terbenam matahari penghabisan Ramadhan.
  • Yang lebih baik (sunnah),  yaitu dibayar sesudah shalat subuh sebelum shalat hari raya.
  • Waktu makruh, yaitu membayar zakat fitrah setelah shalat ied, tetapi sebelum terbenam matahari pada hari raya.
  • Waktu haram, yaitu waktu yang dilarang untuk menunda-nunda pembayaran zakat fitrah, yaitu akhir hari raya idul fitri ketika matahari telah terbenam. Hal itu diharamkan karena tujuan dari zakat fitrah adalah untuk mencukupi kebutuhan golongan mustahiq zakat pada hai idul fitri, karena hari itu adalah hari gembira ria.

Berikut ini adalah beberapa contoh kasus apakah seseorang wajib menunaikan zakat fitrah atau tidak.

  1. Bila seseorang meninggal dunia sebelum tenggelam matahari dihari ke-30 Ramadhan, maka ia tidak diwajibkan untuk membayar zakat fitrah. Namun bila dia meninggal dunia setelah tenggelamnya matahari dihari itu maka diewajibkan baginya membayar zakat fitrah.
  2. Bila lahir seorang bayi sebelum tenggelamnya matahari dihari ke-30 Ramadhan, maka wajib dikeluarkan zakat fitri baginya. Namun jika lahir setelah tenggelamnya matahari pada hari itu, maka tidak diwajibkan membayar zakat fitrah.

Waktu Pelaksanaan Zakat Maal

Diwajibkan membayar zakat segera, setelah datang saat wajibnya. Dan haram menangguhkan dari saat tersebut, kecuali jika tak mungkin, maka boleh mengundurkan pembayaran sampai ada kesempatan.

Dasarnya ialah apa yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Bukhari dari “Uqbah bin Harits, katanya: “Saya bershalat ‘ashar bersama Rasulullah saw. tatkala selesai memberi salam, Nabi segera berdiri dan pergi mendapatkan isteri-isteri beliau, lalu keluar kembali. Tampak oleh Nabi wajah orang-orang itu keseranan karena lekas kembalinya, maka beliau bersabda:

ذَكَرْتُ وَاَ نَافِى الصَّلَا ةِ تِبْرًاعِنْدَ نَا، فَكَرِهْتُ أَنْ يُّمْسِىَ اَوْيضبشيْتَ عِنْدَنَا، فَأَمَرْتُ بِقِسْمَتِهِ.

“Diwaktu shalat, saya terinat bahwa pada kami ada emas, maka saya tak ingin ia tersimpan pada kami sampai sore atau malam, maka saya suruh membagi-bagikannya.”

Harta benda yang dikenakan wajib zakat itu tidak semuanya disyaratkan cukup haul, karena ada harta benda yang walaupun baru didapatkan hasilnya, tapi sudah wajib zakat misalnya tanaman, barang logam yang ditemukan dari galian. Harta-harta yang jumlahnya cukup senishab dan harus pula cukup haul adalah seperti binatang ternak, harta perniagaan, emas dan perak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU