Aliran pencak silat

Yuk, Kita simak video Aliran pencak silat!

Pencak Silat berkembang dalam beberapa aliran yang memiliki ciri khas tersendiri. Di antara aliran dalam pencak silat ada yang mengajarkan penggunaan tenaga dalam. 

Pencak Silat tersebut diantaranya:

  • Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT)

PSHT telah ada di Indonesia sebelum Indonesia merdeka. Aliran pencak silat ini didirikan tahun 1903 oleh Ki Ngabehi Soeromihardjo atau yang dikenal dengan Eyang Suro. Mulanya, Eyang Suro menamakan aliran pencak silatnya Djojo Gendilo Tjipto Muljo. Pada tahun 1917, ia baru mendirikan perguruan silat bernama Persaudaraan Setia Hati di Desa Winongo, Madiun. PSHT mengutamakan persaudaraan antara manusia dan juga kombinasi antara ajaran spiritual (ilmu kebatinan) dengan gerakan pencak silat.

  • Silat Tapak Suci Putera Muhammadiyah

Tapak Suci adalah bela diri yang berada di bawah naungan Muhammadiyah. Tapak Suci adalah organisasi otonom Persyarikatan Muhammadiyah yang berdasarkan akidah Islam dan senantiasa mengajarkan tuntunan ajaran Islam dengan mengindahkan hukum-hukumnya dan melaksanakan ibadahnya. Semua anggota Tapak Suci yang berniat untuk sungguh-sungguh belajar bela diri ini harus beragama Islam serta bersedia menjadi anggota Muhammadiyah. 

Menjaga kebugaran jasmani
gambar : silat tapak suci
sumber : https://sangpencerah.id/
  • Pencak Silat Pagar Nusa

Dahulu kala, di lingkungan pesantren Nahdlatul Ulama (NU), terdapat banyak aliran silat. Keberagaman tersebut membuat dibentuknya Pagar Nusa sebagai wadah perkumpulan pencak silat di bawah NU tahun 1986. Di antara ragam yang ada, ada nama Pagar Nusa Gasmi, Pagar Nusa Batara Perkasa, Padar Nusa Satria Perkasa Sejati (Saperti), dan lain sebagainya. 

Selanjutnya,

  • Pencak Silat Putra Kera Sakti

Didirikan oleh R.Totong Kiemdarto pada 1980 di Kota Madiun. Pencak silat ini mengajarkan kungfu atau kuntauw (Bahasa Hokkian yang populer di Indonesia) serta jurus kera aliran utara dan selatan (nan pie ho jien). Sang pendiri mempelajari gerakan tersebut dari pendekar aliran kungfu China yang ada di Indonesia.

  • Pencak Silat Perisai Diri

Secara resmi, Perisai Diri didirikan 2 Juli 1955 di Surabaya oleh RM Soebandiman Dirdjoatmodjo, putra bangsawan Keraton Paku Alam. Sebelum mendirikan Perisai Diri secara resmi, ia melatih silat di lingkungan Perguruan Taman Siswa atas permintaan Ki Hajar Dewantoro yang juga merupakan pamannya.Teknik dalam silat ini mengandung unsur kurang lebih 156 aliran silat dari berbagai daerah di Indonesia. 

  • Silat Merpati Putih

Merpati Putih adalah pencak silat yang dilakukan dengan tangan kosong atau tanpa senjata dan alat. Merpati putih merupakan singkatan dari “Mersudi Patitising Tindak Pusakane Titising Hening”. Dalam Bahasa Indonesia, hal itu berarti “mencari sampai mendapat kebenaran dengan ketenangan” sehingga diharapkan seorang Anggota Merpati Putih akan menyelaraskan hati dan pikiran dalam segala tindakannya. 

  • Pencak Silat Cimande

Pencak silat Cimande adalah bela diri yang mengandung nilai-nilai, norma-norma dan perilaku yang dijunjung tinggi serta diwariskan oleh leluhur Cimande. Di dalam kehidupan keluarga besar pencak silat Cimande terdapat Taleq yang merupakan kode etik yang harus ditaati dan ditepati oleh pesilat. Di antara isi Taleq antara lain: harus taat kepada Allah dan Rasul-Nya; jangan melawan kepada ibu dan bapak serta orang yang sudah tua; jangan melawan kepada guru dan ratu (pemerintah), dan lain sebagainya.

Baca Juga: Menjaga kebugaran jasmani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU