Lempar Cakram

Yuk, Kita simak video Lempar Cakram dibawah ini!

Salah satu cabang olahraga yang banyak diminati di seluruh dunia adalah atletik. Terdapat banyak sekali cabang-cabang olahraga atletik. Cabang olahraga atletik diantaranya Tolak peluru, Lempar lembing, Lempar cakram dan Lompat tinggi. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai lempar cakram. 

Lempar Cakram Adalah salah satu nomor Atletik yang sudah dikenal sejak zaman prasejarah atau pada zaman Yunani Kuno. Manusia telah menyadari perlunya ketahanan berjalan jauh, kecepatan lari, ketangkasan melompat dan melempar. Sehingga ada sementara orang yang menganggap atletik adalah cabang olahraga yang tertua. Hal ini dapat kita ketahui dari buku karangan Homerus yang berjudul “Odyssy” pada zaman purba.

Lempar Cakram
Gambar : olahraga lempar cakram di pertandingkan di olimpiade
sumber : https://www.reuters.com/

Pada zaman Penjajahan Belanda Lempar cakram sudah dikenal Indonesia ,tetapi tidak dikenal secara luas. Kemudian pada zaman pendudukan Jepang mulai awal tahun 1942-1945 kegiatan keolahragawan mengalami perkembangan. Hal ini dapat dilihat dipagi hari semua pelajar dan pegawai diwajibkan melakukan senam. Selain itu diberikan pelajaran beladiri dan atletik termasuk lempar cakram. Tetapi semua aktivitas jasmani yang dilakukan oleh seluruh bangsa Indonesia itu hanya untuk kepentingan orang-orang Jepang sendiri, dalam usaha memenangkan perang (Drs. Aip Syrifuddin, 1998 : 3).

Kemudian setelah Indonesia merdeka perkembangan olahraga termasuk lempar cakram semakin meluas bahkan setiap orang diberikan kesempatan untuk melakukan latihan-latihan atletik termasuk lempar cakram (Drs. Sunaryo Basuki, 1979 : 37).

Terdapat beberapa teknik dalam melempar cakram diantaranya sebagai berikut ini. 

  • Teknik Memegang Cakram

Teknik Memegang Cakram yang dibenarkan ketika memegang cakram adalah cakram diletakkan pada telapak tangan sebelah kiri dan telapak tangan kanan ditelakkan pada bagian tengah cakram. Empat jari sedikit dibuka atau sedikit dilebarkan menutupi bagian cakram. Ibu jari dibiarkan bebas.

  • Teknik Awalan

Teknik Awalan ini menentukan lemparan yang akan dihasilkan. Jadi, jika posisi atlet benar, maka akan menghasilkan lemparan yang baik. Cara memegang cakram yang benar pada tahap awalan adalah meletakkan cakram pada tangan kiri menghadap ke arah atas.

Sementara itu, tangan kanan diletakkan di bagian atas dengan posisi seperti menutupi dari atas. Tahap awalan dalam melempar cakram dilakukan dengan gerakan berputar. Terdapat 3 macam putaran, yaitu 1 1/4 putaran, 1 1/2 putaran, dan 1 3/4 putaran. Tahap awalan ini berfungsi untuk awalan menyamping.

  • Teknik Melempar

Teknik Melempar cakram yang digunakan adalah pertama – tama posisi kaki dibuka selebar bahu. Kedua tangan tangan yang memegang cakram diluruskan kemudian ayunkan dengan memutar atau memilin tubuh ke arah kanan.

Kemudian lakukan gerakan mengayun cakram beberapa kali hingga benar lalu lakukan lemparan. Pada ayunan terakhir, lepaskan cakram ke udara yang telah membentuk sudut lemparan 45 derajat.

  • Teknik Akhiran

Teknik Akhiran adalah Posisi yang benar dan tubuh mengikuti gerakan memutar untuk menjaga keseimbangan agar tubuh tidak ikut terlempar. Jangan berusaha melawan putaran karena akan menyebabkan terjatuh atau hilang keseimbangan.

Baca Juga: Aliran pencak silat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU