Manfaat Alga Hijau

Yuk, Kita simak video Manfaat Alga Hijau dibawah ini!

Semua makhluk hidup yang Tuhan ciptakan ke dunia ini pasti memiliki manfaatnya masing-masing bagi kehidupan. Tak terkecuali dengan alga hijau. Alga hijau merupakan jenis alga yang memiliki pigmen warna hijau atau klorofil yang lebih mendominasi dibandingkan dengan jenis pigmen yang lain. Berdasarkan jumlah sel yang dimiliki, alga hijau cukup bervariasi. Ada alga hijau yang bersel tunggal (uniseluler) dan hidup secara soliter ataupun berkelompok (berkoloni), tapi ada juga alga hijau  yang memiliki banyak sel (multiseluler). Khusus untuk alga hijau uniseluer umumnya dapat hidup berpindah-pindah/tidak menetap. 

Alga termasuk organisme eukariotik, yaitu organisme yang telah memiliki membran nukleus. Selain berperan penting dalam ekosistem sebagai produsen, alga hijau juga memilki segudang manfaat bagi kehidupan manusia.

Berikut ini dirangkum beberapa manfaat alga hijau bagi kehidupan manusia.

Sumber Protein

Hasil sebuah penelitian memperlihatkan bahwa alga hijau memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Kondisi tersebut membuat alga hijau dapat dijadukan sebagai salah satu makanan alternatif, terutama untuk memenuhi kebutuhan akan  protein. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah protein sel tunggal (PST) yang dibuat dari salah satu jenis alga hijau, yaitu Chlorella sp.

Mencegah Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang cukup ditakuti. Sebuah penelitian menemukan bahwa alga hijau dapat berperan sebagai penghambat pertumbuhan dari sel kanker. Alga dapat menjadi alternatif untuk mengobati kanker secara alami. Pada penelitian tersebut, diketahui bahwa jika penderita kanker mengonsumsi alga hijau pada takaran tertentu setiap harinya, maka dapat membuat sel kanker menjadi berkurang. 

Pereda Nyeri

Peradangan atau pembengkakan dapat menyebabkan rasa nyeri yang tak tertahankan. Peradangan tersebut salah satunya dapat diatasi dengan mengonsumsi supleman alga hijau. Alga hijau terbukti bermanfaat untuk menyembuhkan radang sehingga rasa nyeri yang ditimbulkannya juga akan hilang. Alga hijau diketahui memiliki anti iflamasi yang bermanfaat untuk mengatasi peradangan.

Menurunkan Kolesterol

Konsumsi makanan berlemak secara berelebihan dapat membahayakan bagi kesehatan. Salah satu cara untuk mengontrol nilai kolesterol dalam tubuh adalah dengan memanfaatkan alga hijau. Alga hijau dapat bertindak sebagai penurun kolesterol secara alami. Kandungan fucosterol yang terdapat pada alga terbukti berhasiat untuk menurunkan kolesterol serta meningkatkan kesehatah tubuh secara umum. 

Alga hijau juga diketahui dapat bermanfaat sebagai obat anemia. Anemia adalah keadaan di mana tubuh kekurangan eritrosit (sel darah merah) sehingga tubuh tidak mendapat cukup oksigen. Untuk meningkatkan jumlah eritrosit,  mengonsumsi alga hijau adalah salah satu solusinya. Alga hijau dapat menurunkan gejala defisiensi otot, sehingga kemampuan tubuh ketika beraktivitas dapat ditingkatkan.

Mengobati Anemia

Baca Juga: Cabang-Cabang Ilmu Biologi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU