Keanekaragaman Biota Laut Indonesia

Yuk, Kita simak video Keanekaragaman Biota Laut Indonesia dibawah ini!

Indonesia adalah negara kepulauan dengan luas total wilayah 7,81 juta km2, dengan rincian 2,01 juta km2 daratan, dan 5,8 juta km2 lautan. Luasnya wilayah Indonesia juga disertai dengan beragam ekosistem yang terdapat di dalamnya. Hal tersebut membuat negara kita tercinta ini memiliki Keanekaragaman Biota yang sangat tinggi. Salah satunya Keanekaragaman Biota Laut Indonesia.

Ekosistem laut Indonesia begitu kompleks.

Berbagai macam bentuk topografi dasar laut dapat dijumpai di wilayah laut Indonesia, misalnya terumbu karang, lereng landai, lereng curam, gunungapi bawah laut, palung, dan lain sebagainya. Selain itu, secara karakter arus laut Indonesia juga memiliki kekhasan tersendiri dibandingkan dengan wilayah-wilayah lain.

Kondisi tersebut menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki tingkat keanekaragaan biota laut tertinggi di dunia. Menurut catatan, di Indonesia terdapat sekitar 8.500 jenis ikan, 950 jenis terumbu karang, serta 555 jenis rumput laut. Beberapa jenis diantaranya berstatus sebagai biota yang dilindungi. 

Keanekaragaman Biota Laut Indonesia
Gambar: Biota Laut yang Dilindungi
Sumber:  https://kkp.go.id/djprl/artikel/10749-biota-laut-dilindungi-di-indonesia

Kekayaan biota laut ini tentu menjadi modal berharga bagi Indonesia, karena dapat memberi manfaat di berbagai bidang. Misalnya di bidang perikanan, sains (sebagai bahan penelitian), serta pariwisata. Apabila keanekaragaman biota laut ini dapat dimanfaatkan dengan baik, maka akan berdampak positif bagi kehidupan masyarakat. Sektor perikanan  misalnya, apabila dapat dikelola dengan baik, maka akan sangat membantu pemenuhan konsumsi makanan bergizi serta dapat menggerakkan aktivitas perekonomian masyarakat khususnya masyarakat pesisir.

Dalam pemanfaatannya, keberlanjutan ekosistem harus tetap diperhatikan. Jangan sampai eksploitasi berlebihan membuat ekosistem justru menjadi rusak dan mengancam keanekaragaman biota laut yang hidup di dalamnya.

Blue Economy

Pemerintah Indonesia cukup serius memperhatikan hal tersebut. Untuk mendorong percepatan pembangunan sektor kelautan dan perikanan serta tetap menjada kelestariannya, pemerintah melakukan pendekatan blue economy. Blue economy atau ekonomi biru adalah suatu paradigma ekonomi untuk mendorong pelaksanaan pembangunan berkelanjutan dengan cara pikir seperti cara kerja ekosistem.

Paradigma baru ini mendorong kita untuk dapat belajar dari alam. Sehingga diharapkan nantinya  pembangunan yang dilaksanakan tidak hanya bermanfaat dari sisi ekonomi saja, melainkan juga dapat menjaga keberlangsungan atau keberlanjutan dari ekosistem laut. Paradigma blue economy ini mulai diterapkan dan masih terus disempurnakan. 

Upaya tersebut adalah salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk tetap menjaga kelestarian ekosistem laut beserta berbagai biota laut di dalamnya. Masyarakat juga dapat ikut berkontribusi   menjaga keanekaragaman biota laut Indonesia. Misalnya dengan tidak membuang sampah/limbah sembarangan ke laut, tidak merusak terumbu karang, dan sebagainya. Dengan partisipasi bersama, baik oleh pemerintah maupun kesadaran masyarakat. Maka diharapkan kekayaan biota laut Indonesia dapat tetap terjaga kelestariannya di masa kini maupun masa depan. 

Baca Juga: Karakteristik dan Jenis Archaebacteria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU