Cabang-Cabang Ilmu Biologi

Yuk, Kita simak video Cabang-Cabang Ilmu Biologi dibawah ini!

Biologi tentu bukan istilah yang asing di telinga kamu bukan? Tahukah Anda, Biologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu bios (hidup) dan logos (ilmu). Biologi adalah ilmu tentang kehidupan organisme, baik yang berukuran kecil (mikro) ataupun besar (makro). 

Cabang-Cabang Ilmu Biologi
Gambar: Cabang-Cabang Ilmu Biologi
Sumber: https://www.pintarbiologi.com/394/cabang-cabang-ilmu-biologi.html

Dengan biologi, kita dapat lebih memahami mengenai kondisi serta proses-proses kehidupan pada berbagai macam organisme, termasuk kehidupan manusia.  Biologi memiliki beragam manfaat untuk kehidupan manusia. Ilmu biologi memiliki cakupan yang sangat luas, sehingga dibagi menjadi beberapa cabang ilmu. Apa saja Cabang-Cabang Ilmu Biologi? Berikut ini adalah beberapa contoh cabang ilmu biologi.

Botani

Botani merupakan cabang ilmu biologi tentang tumbuh-tumbuhan. Pada botani, semua aspek yang terdapat pada tumbuhan dipelajari, mulai dari bentuk, pertumbuhan, metabolisme, dsb. Orang yang menekuni botani disebut botanis. Botani memiliki berbagai manfaat untuk kehidupan. Misalnya dengan mempelajari botani, kita dapat mengetahui bagaimana pola tumbuh dari suatu jenis tumbuhan, bagaimana perbedaan karakter antara satu tumbuhan dengan tumbuhan yang lain, bagaimana untuk mendapatkan buah dengan rasa yang diinginkan pada suatu jenis tumbuhan berbuah, dsb.

Zoologi

Cabang ilmu biologi yang satu ini memiliki objek kajian berupa hewan (Kingdom Animalia). Zoologi berasal dari dua kata Yunani zoion  (hewan) dan logos (ilmu). Berbagai macam aspek pada hewan menjadi objek yang dipelajari atau diteliti pada zoologi, misalnya struktur tubuh, perilaku, dan reproduksi. Karan objek kajiannya yang cukup luas, zoologi ini sendiri masih dapat dipecah menjadi beberapa cabang ilmu lagi, misalnya mamalogi (mempelajari primata), entomologi (serangga), herpetologi (reptil) dsb.

Anatomi

Anatomi merupakan salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai susunan dan bagian-bagian struktur tubuh makhluk hidup. Ilmu anatomi mulai berkembang sekitar abad 17 dan 18. Terdapat beberapa objek kajian yang dapat dipelajari pada anatomi, misalnya struktur organ tubuh yang terlihat mata, struktur organ tubuh yang berukuran kecil (dilihat menggunakan mikroskop), fungsi sistem organ, letak organ dan sistem organ, dll. Anatomi memberi beragam manfaat dalam berbagai bidang, terutama untuk bidang kedokteran

Genetika

Merupakan cabang ilmu biologi yang khusus mempelajari tentang pewarisan sifat pada makhluk hidup. Genetika berasal dari bahasa Yunani, yaitu genno yang bermakna melahirkan. Pada genetika, objek yang dikaji berhubungan dengan pewarisan sifat, seperti variasi pada keturunan, aspek yang mempengaruhi penurunan sifat dari generasi ke generasi, gen, DNA, dsb. Semakin majunya perkembangan jaman membuat perkembangan genetika menjadi semakin pesat di era sekarang. Manfaat genetika dapat dirasakan misalnya di bidang pertanian (tanaman varietas unggul) dan peternakan.

Bioteknologi

Bioteknologi merupakan cabang ilmu biologi tentang pemanfaatan makhluk hidup (umumnya yang berukuran mikro)  maupun produk dari makhluk hidup untuk menghasilkan barang dan jasa. Perkembangan bioteknologi terasa dampaknya di banyak bidang kehidupan, misalnya di bidang kesehatan, industri, farmasi, dsb.

Baca Juga: Keanekaragaman Biota Laut Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU