Bahaya Virus Corona

Yuk, Kita lihat video Bahaya Virus Corona dibawah ini!

Beberapa bulan ini masyarakat dunia tengah dikhawatirkan dengan mewabahnya sebuah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus korona atau yang kini dikenal dengan nama Covid-19. Bahkan virus tersebut kini ditetapkan sebagai pandemi WHO karena penyebarannya yang makin meluas. Berawal dari Tiongkok, kemudian virus ini menyebar ke negara-negara lain, seperti Korea Selatan, Italia, Inggris, Malaysia, Thailand, dan termasuk negara kita sendiri, Indonesia.

Bahaya Virus Corona
Gambar. Virus Covid-19
Sumber: https://www.saccounty.net/COVID-19/Pages/COVID-19-FAQs.aspx

Virus Covid-19 masih berkerabat dengan virus MERS dan SARS

Virus MERS dan SARS yang juga dikenal sebagai jenis virus penyebab penyakit. Covid-19 sendiri belum begitu dikenali dan baru teridentifikasi pada akhir bulan Desember 2019, tepatnya di Kota Wuhan, Tiongkok. Virus Covid-19 pada awalnya ditularkan dari hewan ke manusia. Salah satu jenis hewan yang diduga membawa virus ini adalah kelelawar. Penyakit ini lalu berkembang dan tidak hanya menular dari hewan ke manusia, tetapi juga dari manusia ke manusia. Bahaya Virus Corona  yang dapat menular langsung dari manusia ke manusia membuat penyakit yang ditimbulkan oleh Covid-19 menular menyebar dengan begitu cepat. Penelitian sementara ini menyebutkan bahwa virus Covid-19 tidak menular melalui udara, melainkan menular lewat droplet atau percikan air liur, bersin, atau batuk. Virus ini juga dapat menyerang siapa saja, baik tua maupun muda, baik orang tersebut memiliki kekebalan tubuh yang baik ataupun tidak, semua memiliki risiko yang sama.

Gejala dari seseorang yang terinfeksi virus ini cukup beragam. Beberapa gejala yang umum dari infeksi virus Covid-19 ini yaitu demam, nyeri tenggorokan, badan terasa pegal, batuk, hingga kesulitan bernapas (napas pendek-pendek). Gejala-gejala tersebut biasanya akan muncul setelah 2-14 hari infeksi. Meskipun demikian, kadang terdapat juga orang yang positif korona tapi tidak memperlihatkan gejala apapun. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk melindungi diri agar terhindar dari infeksi virus ini. Walaupun sebenarnya virus Covid-19 disebut tidak seberbahaya virus SARS atau MERS, sebaiknya kita tetap  melakukan usaha-usaha pencegahan agar terhindar dari virus Covid-19. 

Upaya Pencegahan Covid-19

Terdapat beberapa upaya yang dapat kita lakukan untuk terhindar dari infeksi yang disebabkan virus Covid-19, antara lain sebagai berikut.

  • Menjaga kebersihan diri terutama bagian tangan. Cuci tangan dengan air dan sabun, gosok bagian-bagian tangan seperti telapak jari, dan sela-sela jari sebersih mungkin minimal selama 20 detik. Bawa handsanitizer atau larutan alkohol 60% untuk membersihkan tangan ketika bepergian/kurang memungkinkan untuk mencuci tangan dengan sabun. 
  • Hindari menyentuh bagian muka, terutama mata hidung, dan mulut, karena Covid-19 dapat masuk ke tubuh melalui bagian-bagian tersebut.
  • Hindari melakukan kontak dengan orang yang sedang sakit. Sebaiknya menjaga jarak terutama pada orang yang diduga terinfeksi Covid-19. Untuk sementara lakukan physical distancing dengan tidak bersentuhan atau bersalaman dengan orang lain untuk mencegah terjadinya penularan.
  • Perkuat imunitas tubuh dengan berolahraga dan makan makanan yang bergizi.

Apabila merasa sakit atau memperlihatkan gejala-gejala infeksi Covid-19, sebaiknya beristirahat terlebih dahulu atau sementara mengisolasi diri di rumah. Gunakan masker agar penyakit tidak menular ke orang lain. Apabila kondisi memburuk, segera periksa ke dokter. Dan satu hal lagi yang terpenting adalah jangan panik atau khawatr berlebihan, karena hal tersebut dapat makin menurunkan imunitas tubuh dan membuat infeksi makin cepat menyebar.

Baca Juga: Peran Bakteri dalam Pembuatan Yoghurt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU