Manis Legit Jenang Ayu

Simak video berikut untuk mengetahui Manis Legit Jenang Ayu Solo !

Kota Solo identik dengan kota kuliner, banyak ragam masakan Jawa tersaji. Cita rasa kuliner yang mempunyai ciri khas Solo tersebar di penjuru kota ini. Dari sajian yang dikemas dalam konsep resto yang mewah sampai dengan konsep lesehan yang berjejer di kaki lima.

Solo kota yang tak pernah tidur, itu juga menjadi brand. Tidak pernah tidur, karena mulai dari pagi sampai pagi lagi ada saja sajian yang ditawarkan. Salah satu jajanan khas daerah kota Solo adalah jenang.

Jenang/ bubur khas Solo ada banyak jenis dan macamnya. Nama dan bahan-bahan untuk membuat buburnya juga unik sarat dengan simbol filosofi pengharapan, selain pastinya juga sebagai  menu kuliner yang terkenal legit bin lezat. Jenang lemu, jenang sumsum, jenang abang putih adalah beberapa contoh nama jenang khas Solo, yang mungkin sudah pernah kalian nikmati. Nah, menurut kalian,  dari berbagai macam bubur/ jenang Khas Solo tersebut, bubur yang mana kesukaanmu ?

Jenang dalam bahasa Indonesia adalah bubur, kenapa ayu?

Karena bubur ini dibuat beraneka rasa dan beraneka warna. Apabila disajikan dalam satu piring tentunya akan menarik dan menggugah selera. Makanya disebut Jenang Ayu. Selain rasa yang enak juga cantik dipandang mata, Manis Legit Jenang Ayu ini sangat berpadu warna putih untuk jenang sumsum, merah untuk mutiara, hitam untuk ketan hitam, coklat untuk jenang grendul dan akan ditambah dengan saus gula jawa dan santan. Cantik bukan? Inilah yang dinamakan jenang ayu khas Solo.

Selain itu, jenang Solo menjadi lebih spesial dikarenakan setiap tahunnya, di Solo diadakan agenda budaya yang disebut dengan Festival Jenang. Semarak Festival Jenang digelar sebagai puncak acara HUT Kota Solo. Masyarakat Solo selalu tumpah ruah mengikuti festival jenang yang diadakan rutin setiap tahun tersebut.

Sebanyak 10 ribu takir jenang dapat dinikmati pengunjung secara gratis. Jenang-jenang tersebut disajikan dari 275 tenant dari berbagai elemen masyarakat dan komunitas. Ada 17 jenis jenang khas Solo yang dapat mereka pilih untuk dinikmati. Mulai dari Jenang Sepasaran, Jenang Lemu, Jenang Grendul, Jenang Timbul, Jenang Ngangrang, Jenang Warni Empat, Jenang Taming, Jenang Sumsum, Jenang Pati, Jenang Kokoh, Jenang Slaka, Jenang Lahan, Jenang Majemukan, Jenang Katul, Jenang Procot, Jenang Abang Putih, dan Jenang Sengkala.

Baca Juga : Kerajinan dari Sisik Ikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU