Mesin Pemanen Padi

Simak video berikut untuk mengetahui cara kerja mesin pemanen padi!

Tanaman padi merupakan salah satu hasil pertanian terbesar di Indonesia. Seiring kemajuan zaman, teknik memanen padi pun mengalami perubahan. Jika dulu para petani memanen secara tradisional menggunakan sabit atau pisau khusus (ani-ani), kini para petani modern sudah banyak beralih menggunakan mesin pemotong padi yang jauh lebih praktis. Bukan hanya di Indonesia, padi yang memiliki nama latin Oryza sativa juga merupakan tanaman yang sangat penting dalam peradaban manusia. Setelah melalui proses panjang, padi akan berubah wujud menjadi beras dan kemudian menjadi nasi, yang merupakan bahan makanan pokok sebagian besar orang Indonesia.

Pemanenan merupakan tahap awal dari pengolahan padi menjadi beras. Untuk sampai menjadi beras, padi mengalami proses yang cukup panjang, terdiri dari:

  1. Pemanenan
  2. Penggabahan/ perontokan padi
  3. Pengeringan gabah
  4. Penggilingan gabah

Ada dua faktor yang penting diperhatikan ketika memanen, yaitu usia tanaman padi dan cara memanen padi. Usia tanaman akan memengaruhi kualitas, sedangkan cara memanen memengaruhi kuantitas atau banyaknya gabah yang diperoleh.

Pada umumnya, padi dapat dipanen setelah berumur 110-115 hari sejak masa tanam. Padi yang dipanen pada usia ini akan menghasilkan gabah berkualitas bagus karena bulirnya sudah benar-benar masak. Beberapa ciri padi yang siap dipanen adalah warnanya sudah menguning, bulirnya padat berisi, dan tangkainya merunduk akibat bulir-bulir padi yang berat. Pemanenan padi dilakukan dengan proses pemotongan, baik dengan cara potong atas, tengah, atau bawah, tergantung cara perontokan yang akan dilakukan. Pemotongan padi dapat dilakukan dengan cara tradisional menggunakan alat potong padi sederhana, seperti sabit dan ani-ani, maupun dengan cara modern menggunakan mesin panen padi.

Mesin pemanen padi terdiri dari dua jenis. Ada yang berupa alat pertanian yang lengkap, yaitu kombinasi antara alat pemotong dan perontok padi. Ada pula yang khusus berfungsi sebagai alat pemotong tangkai padi saja. Mesin pemotong padi ini sangat cocok digunakan para petani kecil. Harganya ekonomis, tetapi memiliki fungsi yang sangat tepat guna. Mesin pemotong padi adalah alat untuk memotong tangkai padi sehingga menghasilan gabah berkualitas bagus. Mesin ini merupakan inovasi penting dalam memajukan pertanian Indonesia, karena proses pemanenan bisa dilakukan dengan mudah, efektif dan efisien, menghemat waktu, tenaga, serta biaya. Kualitas gabah pun menjadi lebih baik sehingga tidak banyak terbuang.

Baca Juga : Budidaya Ikan Nila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU