Menelaah Struktur Teks Eksposisi

Yuk, Kita simak video Menelaah Struktur Teks Eksposisi dibawah ini!

Pernahkah kalian menjumpai sebuah teks atau karangan yang memuat tentang informasi dan pengetahuan yang penyajiannnya singkat dan padat serta memiliki data yang akurat? Karangan tersebut merupakan karangan eksposisi atau lebih sering disebut teks eksposisi. Dalam Menelaah Struktur Teks Eksposisi dan menyusun teks eksposisi perlu memerhatikan sruktur-struktur penulisan agar informasi yang disampaikan mudah dipahami oleh pembaca.

Bagaimana struktur penulisan teks eksposisi itu? Perhatikanlah penjelasan di bawah ini!

Struktur Teks Eksposisi

  • Tesis (pernyataan pendapat/pembukaan)

Struktur pertama yang menyusun teks eksposisi adalah tesis. Tesis merupakan bagian karangan yang memiliki isi tentang sudut pandang dari penulis terhadap setiap masalah yang akan diangkat.

  • Argumentasi

Struktur kedua yang menyusun teks eksposisi adalah argumentasi. Argumentasi adalah bentuk bukti atau alasan yang dipergunakan dalam memperkuat pendapat dalam sebuah tesis meskipun pada umumnya argumentasi juga dapat digunakan untuk menolak suatu pernyataan.

  • Penegasan ulang 

Struktur terakhir yang menyusun teks eksposisi adalah penegasan ulang. Penegasan ulang merupakan penguatan kembali atas pendapat yang telah ditunjang oleh fakta-fakta dalam bagian argumentasi bagian pertama.

Baca Juga : Unsur-Unsur Pembangun Teks Anekdot

Agar lebih memahami struktur pada teks eksposisi, perhatikanlah contoh teks eksposisi di bawah ini ya!

Sampah dan Kepedulian Masyarakat

Tesis

Di zaman yang serba modern ini, tingkat kepeduliaan masyarakat sudah mulai berkurang. Mereka lebih mengutamakan kepedulian untuk dirinya sendiri. Begitu pula kepedulian mereka terhadap lingkungan hidup yang terasa semakin memudar. Hal ini terlihat dari kepeduliaan mereka terhadap sampah. Mereka menganggap bahwa membuang sampah sembarangan merupakan suatu hal yang wajar. Mereka tidak memikirkan akibat dari membuang sampah sembarangan, seperti terjadinya banjir saat musim hujan tiba. 

Argumentasi

Banyak pengamat yang menyimpulkan bahwa masyarakat yang membuah sampah sembarangan terutama di sungai, setiap tahun terus mengalami pertambahan. Membuang sampah di sungai yang dapat mengakibatkan bencana banjir tidak juga membuat mereka jera. Padahal bencana banjir ini tidak hanya membuat mereka terluka dan kehilangan harta benda namun banyak juga masyarakat yang meninggal dunia karena bencana banjir ini.

Penegasan Ulang

Seharusnya, setelah mengetahui dampak dari membuang sampah sembarangan, mereka sadar dan tidak mengulangi kebiasaan tersebut karena dampak yang ditimbulkan tidak hanya merugikan diri sendiri melainkan dapat merugikan lingkungan dan orang banyak. 

Nah, itulah penjelasan singkat tentang struktur teks eksposisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU