Memahami Unsur Pembangun Cerita Pendek

Amatilah video berikut untuk Memahami Unsur Pembangun Cerita Pendek yang baik.

Cerita pendek atau cerpen merupakan salah satu karya sastra yang memaparkan kisah maupun cerita mengenai manusia beserta seluk beluknya yang dituangkan melalui cerita pendek (https://www.siswapedia.com/cerpen/). Membaca cerpen dapat membuat kita belajar tentang kehidupan. Kita bisa menghadapi berbagai peristiwa secara lebih bijak. Cerita pendek atau cerpen juga bisa disebut sebagai karangan fiktif yang berisikan tentang sebagian kehidupan seseorang atau juga kehidupan yang diceritakan secara ringkas yang berfokus pada suatu tokoh. Setiap pengarang akan menginterpretasikan atau menafsirkan kehidupan berdasarkan sudut pandangnya sendiri. Untuk bisa meneladani cerita pendek dengan baik, harus bisa Memahami Unsur Pembangun Cerita Pendek.

Cerita pendek dibentuk oleh sejumlah unsur. Unsur tersebut sebagai berikut ini.

  • Tema 

Yaitu sebuah gagasan atau topik yang menjalin dan diangkat dalam struktur isi cerita. Tema suatu cerita menyangkut segala persoalan dan permasalahan, baik itu berupa masalah kemanusiaan, kekuasaan, kasih sayang, kecemburuan, pendidikan, dan sebagainya.

  • Amanat

Yaitu ajaran atau pesan yang hendak disampaikan pengarang kepada pembaca. Amanat dalam cerpen umumnya bersifat tersirat. Ajaran atau pesan ini dapat disampaikan pengarang berupa amanat sosial, agama, dll. Amanat disembunyikan pengarangnya di balik peristiwa-peristiwa yang membentuk isi cerita.

  • Penokohan

Yaitu cara pengarang menggambarkan dan mengembangkan karakter atau perwatakan tokoh-tokoh yang terlibat dalam cerita. Penokohan meliputi antagonis, protagonis, tritagonis, dan figuran.

  • Alur

Yaitu pola pengembangan cerita yang terbentuk oleh hubungan sebab akibat yang menggambarkan jalannya cerita  dari awal sampai akhir. Alur terdiri dari beberapa bagian, di antaranya alur maju, alur mundur, dan alur campuran (alur maju dan alur mundur).

  • Latar

Yaitu tempat terjadinya suatu kejadian atau peristiwa yang digunakan pengarang dalam suatu cerita. Latar meliputi latar tempat, waktu, dan suasana.

  • Gaya bahasa

Yaitu penggunaan bahasa berfungsi untuk menciptakan suatu nada atau suasana persuasif. Gaya bahasa biasanya berhubungan dengan pilihan kata atau diksi yang digunakan pengarang dalam cerita.

Itulah beberapa unsur pembangun cerita pendek yang dapat Anda lakukan agar kegiatan memahami kehidupan dari cerita pendek berjalan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU