Rahmat Islam bagi Nusantara

Yuk, Kita simak dulu video Rahmat Islam bagi Nusantara dibawah ini!

Berbicara tentang Rahmat Islam bagi Nusantara, Ajaran Islam di Indonesia mula-mula masuk sejak abad ke-7 M yang dibawa oleh para pedagang muslim. Semenjak itu, ajaran agama Islam di Indonesia perlahan-lahan mulai tersebar ke seluruh penjuru nusantara, dari Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kalimantan, hingga Maluku dan sekitarnya. Dalam persebarannya, terkait pula dengan tokoh-tokoh Islam sekaligus para mubaligh.

Ketika agama Islam masuk ke Indonesia,

Wilayah Nusantara pada umumnya telah menganut berbagai kepercayaan yang berkembang pada saat itu, seperti animisme, dinamisme, Hindu, dan Buddha. Bahkan, pada abad 7–12 M di beberapa wilayah kepulauan Indonesia telah berdiri kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha.

Setelah ajaran Islam mulai masuk kira-kira pada abad pertama Hijriah (kira-kira abad 8 Masehi), Masyarakat Indonesia mulai sedikit demi sedikit bisa meninggalkan agama Hindu dan Buddha. Agama Islam dibawa oleh pedagang-pedagang yang berasal dari Gujarat dan Arab. Pedagang-pedagang tersebut awal mulanya hanya berdagang di Indonesia. Namun setelah beberapa lama, para pedagang itu mendatangkan para da’i dan ulama untuk berdakwah dan menyebarkan agama Islam.

Islam masuk ke Indonesia melalui dua jalur, yaitu:

  1. Jalur utara, dengan rute: Arab (Makkah dan Madinah)-Damaskus-Baghdad-Gujarat (Pantai Barat India)-Srilanka-Indonesia;
  2. Dan jalur selatan, dengan rute: Arab (Mekah dan Madinah)-Yaman-Gujarat-Srilanka-Indonesia.

Ajaran Islam mulai berkembang di Indonesia. Daerah pertama yang dimasuki Islam adalah pantai Sumatera bagian utara. Berawal dari daerah itulah Islam mulai menyebar ke berbagai pelosok Indonesia, yaitu wilayah-wilayah Pulau Sumatera (selain pantai Sumatera bagian utara), Pulau Jawa, Pulau Sulawesi, Pulau Kalimantan, serta Kepulauan Maluku dan sekitarnya, dalam kurun waktu yang berbeda-beda.

Dari wilayah-wilayah kepulauan itulah, Islam mulai berkembang ke seluruh Nusantara. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, Islam telah tersebar ke seluruh pelosok kepulauan Indonesia, sehingga mayoritas bangsa Indonesia beragama Islam.

Hal itu disebabkan antara lain sebagai berikut:

  1. Adanya dorongan kewajiban bagi setiap muslim, khususnya para ulama untuk berdakwah mensyiarkan ajaran Islam sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing.
  2. Lalu, Adanya kesungguhan hati dan keuletan para juru dakwah untuk berdakwah secara terus-menerus kepada keluarga, para tetangga, dan masyarakat sekitarnya.
  3. Persyaratan untuk masuk Islam sangat mudah, seseorang telah dianggap masuk Islam hanya dengan mengucapkan kalimat syahadat.
  4. Banyak raja-raja Islam yang ada di wilayah Indonesia ikut berperan aktif melaksanakan dakwah Islamiyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU