Pemanasan Global

Yuk, Kita simak video tentang Pemanasan Global dibawah ini!

Pemanasan Global merupakan peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi akibat peningkatan jumlah emisi gas rumah kaca di atmosfer. Pemanasan Global akan diikuti dengan perubahan Iklim, seperti meningkatnya curah hujan di beberapa belahan dunia sehingga menimbulkan banjir dan erosi. Sedangkan, di belahan bumi lain akan mengalami musim kering yang berkepanjangan disebabkan kenaikan suhu.

Terdapat berbagai penyebab pemanasan global antara lain sebagai berikut:

Efek rumah kaca

Adalah proses pemanasan yang terjadi ketika gas rumah kaca memerangkap panas. Terjadi pada atmosfer bumi, sehingga energi panas yang berasal dari matahari terperangkap oleh gas-gas rumah kaca dan menyebabkan suhu bumi menjadi lebih hangat. Efek rumah kaca terjadi akibat panas yang dipantulkan ke permukaan bumi dan terperangkap oleh gas di atmosfer, sehingga tidak dapat diteruskan ke luar angkasa, melainkan dipantulkan kembali menuju permukaan bumi. Efek rumah kaca mempunyai manfaat bagi makhluk hidup di bumi, namun jika berlebihan berbahaya bagi kehidupan di bumi karena dapat mengganggu dan mempengaruhi iklim.

Pemanasan Global
Gambar : Efek rumah kaca
Sumber : https://karyapemuda.com/pengertian-efek-rumah-kaca/

Gas rumah kaca meningkat

Memiliki sifat yang menangkap panas, akibatnya panas yang terpantul dari permukaan bumi tidak dapat diteruskan. Gas yang paling berperan adalah karbon dioksida (CO2). Penyebab banyaknya CO2 adalah proses pembakaran bahan bakar batu bara, proses pembakaran minyak bumi, proses pembakaran gas alam.

Penggunaan CFC yang berlebihan dan tidak terkontrol

CFC disebut juga Cloro Floro Carbon adalah bahan kimia yang digabungkan menjadi sebuah bahan baku untuk memproduksi peralatan, yang di khususkan pada peralatan rumah tangga. CFC terdapat pada kulkas dan AC.

Polusi kendaraan pengguna bahan bakar bensin

Kendaraan memberikan penyebab terbesar dalam terjadi pemanasan global. Polusi yang diakibatkan kendaraan yang menggunakan bahan bakar bensin seperti motor, mobil atau kendaraan lainnya, yang dimana dari hasil proses pembuangannya menghasilkan karbon dioksida yang berlebihan. Gas karbon dioksida merupakan faktor utama penyebab terjadinya pemanasan global karena gas karbon dioksida adalah gas yang memerangkap panas sehingga panas tidak dapat keluar ke angkasa.

Polusi metana oleh perkebunan, pertanian dan peternakan

Sebagai penyebab utama terjadinya pemanasan global, gas metana menempati urutan kedua. Gas metana bisa berasal dari bahan-bahan organik yang kekurangan oksigen dari hasil pemecahan bakteri, contohnya di persawahan, sedangkan pada peternakan adalah seperti usus hewan ternak, dengan bertambah banyaknya produksi hewan ternak maka meningkatnya pula gas metana yang dilepaskan ke permukaan bumi.

Perusakan hutan

Hutan memiliki fungsi dalam menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen, jika hutan rusak akibat dari pembakaran dan penebangan, maka yang terjadi adalah jumlah karbon dioksida yang diserap oleh hutan lebih sedikit, dan semakin banyak karbon yang terkumpul di atmosfer yang menyebabkan terjadinya pemanasan global.

Pemborosan energi listrik

Energi listrik sangat banyak digunakan adalah untuk untuk pembakaran dari pembakaran minyak bumi dan batu bara, sehingga hasil pembakaran itu menghasilkan karbon dioksida.

Terdapat beberapa usaha yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi pemanasan global antara lain sebagai berikut.

  1. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, selain itu juga dapat mengurangi pelepasan gas rumah kaca atmosfer.
  2. Menghemat penggunaan listrik. Pembangkit listrik yang bekerja pasti membutuhkan bahan bakar, sehingga menyebabkan pelepasan gas rumah kaca. Oleh karena itu, listrik harus digunakan secara hemat.
  3. Melakukan penghijauan. Penghijauan atau reboisasi dilakukan agar dapat memulihkan kembali kondisi hutan yang berfungsi sebagai paru-paru dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU