Sifat-Sifat Periodik Unsur

Yuk, Kita simak video tentang Sifat-Sifat Periodik Unsur dibawah ini!

Sistem periodik unsur adalah susunan unsur-unsur berdasarkan urutan nomor atom dan kemiripan sifat unsur-unsur tersebut. Disebut “periodik”, sebagaimana terdapat pola kemiripan sifat unsur dalam susunan tersebut. Sifat-Sifat Periodik Unsur (tabel periodik) modern yang saat ini digunakan didasarkan pada tabel yang dipublikasikan oleh Dmitri Mendeleev pada tahun 1869. Pada pembahasan kali ini kita akan belajar mengenai kecenderungan dari sifat-sifat periodik unsur. 

Sifat-Sifat Periodik Unsur
Gambar: Tabel Periodik Unsur
Sumber: Silberberg, Martin S. 2009. Chemistry: The Molecular Nature of Matter and Change (5th edition). New York: McGraw Hill)

Sifat periodik unsur merupakan sifat unsur yang berhubungan dengan letak unsur dalam tabel periodik, Sifat periodik yang akan dibahas di sini meliputi jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan juga keelektronegatifan.

Jari-Jari Atom

Jari-jari atom merupakan jarak elektron terluar ke inti atom dan menunjukan ukuran suatu atom.  Berdasarkan pengertian tersebut, jari-jari atom sangat erat hubungannya dengan jumlah kulit atom. Dimana semakin banyak jumlah kulit suatu atom maka jari-jari atomnya juga semakin besar. Apabila beberapa atom memiliki jumlah kulit yang sama, maka semakin banyak jumlah inti efektifnya (proton/nomor atom) jari-jari atomnya semakin kecil hal ini dikarenakan gaya tarik inti terhadap elektron di kulit terluar semakin kuat.

Sehingga, dapat disimpulkan kecenderungan jari-jari atom dalam satu golongan dari atas ke bawah semakin besar, sedangkan dalam satu periode dari kiri ke kanan semakin kecil.

Sifat-Sifat Periodik Unsur
Gambar: Hubungan Sifat-Sifat Periodik Unsur
Sumber: https://ibalchemy.com/3-2/

Energi Ionisasi

Energi ionisasi merupakan energi minimal yang dibutuhkan untuk melepaskan 1 elektron terluar dari atom berwujud gas pada keadaan dasarnya. 

Sifat-Sifat Periodik Unsur
Gambar. Hubungan Energi Ionisasi Dengan Nomor Atom
Sumber: https://dosenpintar.com/5-sifat-periodik-unsur-beserta-pengertiannya/

Dalam satu golongan, dari atas ke bawah, energi ionisasi pertama cenderung semakin kecil. Sebagaimana jarak dari inti ke elektron terluar bertambah sehingga tarikan elektron terluar oleh inti berkurang. Dalam satu periode, dari kiri ke kanan, energi ionisasi pertama cenderung semakin besar. Sebagaimana pertambahan muatan inti efektif sehingga tarikan oleh inti bertambah.

Namun dalam kecenderungan tersebut terdapat pengecualian. Dimana golongan IIIA mempunyai energi ionisasi pertama lebih kecil dibanding golongan IIA. Begitu juga dengan golongan VIA mempunyai energi ionisasi lebih kecil dibanding golongan VA (terlihat seperti pada gambar di atas). Hal ini dikarenakan kestabilan elektron terluar IIA dan VA lebih stabil dibanding elektron terluar IIIA dan VIA. Sehingga energi ionisasi pertama IIA atau VA lebih besar dibanding IIIA atau VIA.

BACA JUGA: Teori Domain Elektron

Afinitas elektron

Afinitas elektron merupakan energi yang terlibat ketika satu elektron diterima oleh satu unsur dalam keadaan gas. 

Sifat-Sifat Periodik Unsur
Gambar. Hubungan Afinitas Elektron dengan Nomor Atom
Sumber: https://dosenpintar.com/5-sifat-periodik-unsur-beserta-pengertiannya/

Jika energi yang terlibat bertanda positif, terjadi penyerapan energi, sedangkan jika bertanda negatif, terjadi pelepasan energi. Semakin negatif nilai afinitas elektron, semakin besar kecenderungan atom atau ion menerima elektron (afinitas terhadap elektron semakin besar). Dalam satu golongan pada tabel periodik unsur, dari atas ke bawah, afinitas elektron cenderung semakin kecil, dengan banyak pengecualian. Dalam satu periode, dari kiri ke kanan, sampai golongan VIIA, afinitas elektron cenderung semakin besar, dengan banyak pengecualian.

Sifat-Sifat Periodik Unsur
Gambar: Nilai Afinitas Elektron Unsur-Unsur Golongan Utama dalam satuan kJ/mol
Sumber: Gilbert, Thomas N. et al. 2012. Chemistry: The Science in Context (3rd edition). New York: W. W. Norton & Company, Inc.)

Keelektronegatifan

Keelektronegatifan merupakan kecenderungan atau kemampuan atom untuk menarik elektron dalam satu ikatan kimia. Semakin besar keelektronegatifan suatu atom berarti dalam ikatan kimia atom tersebut cenderung menarik elektron dari atom yang lain. Dalam satu golongan, dari atas ke bawah, elektronegativitas cenderung semakin kecil. Dalam satu periode, dari kiri ke kanan, elektronegativitas cenderung semakin besar.

Sifat-Sifat Periodik Unsur
Gambar: Nilai Keelektronegatifan dari Unsur-Unsur dalam Skala Linus Pauling
Sumber: Petrucci, Ralph H. et al. 2011. General Chemistry: Principles and Modern Applications (10th edition). Toronto: Pearson Canada Inc.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU