Pelampung Keselamatan

Yuk, Kita simak video Pelampung Keselamatan dibawah ini!

Tahukah kamu apa itu pelampung keselamatan? Pelampung keselamatan merupakan alat atau sarana yang digunakan untuk menjaga keselamatan di air (kapal )maupun di udara (pesawat).

Pelampung keselamatan air merupakan alat atau sarana yang digunakan untuk menjaga keselamatan dengan cara dipakai.Dan difungsikan untuk membantu pemakai baik secara sadar maupun di bawah sadar untuk mengapung dengan mulut dan hidung berada di atas permukaan air, atau saat berada dalam air.

Tetapi, Pelampung keselamatan air dan pelampung keselamatan udara berbeda dari sisi materi di dalamnya. Pada umumnya terbuat dari bahan busa styrofoam. Busa styrofoam tersebut dibungkus di dalam jaket pelampung. Jaket pelampung biasanya menggunakan warna orange supaya mempermudah proses evakuasi jika terjadi kecelakaan. Pelampung keselamatan biasanya dilengkapi dengan peluit dan lampu yang hidup apabila batereinya terendam air.

Sedangkan untuk pelampung pesawat bisanya digunakan jenis pelampung balon udara. Balon udara tersebut ditempatkan di dalam baju pelampung. Pengguna dapat menarik pemicu udara (tabung CO2) dan akan mengisi ruang yang ada di dalam pelampung, namun dilengkapi juga dengan peniup manual jiha tabung CO2 tidak berfungsi. pelampung ini biasanya terdapat di bawah setiap kursi penumpang, serta selalu diberitahukan oleh pemandu pesawat, letak, cara penggunaan dan kegunaannya ketika akan melakukan penerbangan.

Pelampung keselamatan air terdiri dari beberapa macam. Di antaranya sebagai berikut:

  • Offshore Life Jacket

Jenis offshore life jacket memiliki kelebihan, cocok untuk perairan erbuka, mampu menjaga area di sekitar wajah atau kepala, dan mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan kekurangan dari pelampung jenis ini adalah hanya cocok untuk perairan terbuka.

  • Near Shore Life Jacket

Jenis near shore life jacket memiliki kelebihan, untuk perariran yang tenang dan kesempatan keselamtan yang lebih cepat, tidak terlalu besar dan tebal dari pada tipe offshore Life jacket. Kekuarangna jenis pelampung jacket ini adalah tidak dapat dipergunakan dalam perairan selama berjam-jam.

  • Floatation AID

Jenis floatation aid memiliki kelebihan, tipe yang banyak digunakan untuk perairan tenang dan banyak digunakan orang. Umumnya jenis yang paling nyaman untuk dipakai terus menerus. Kekurangan jenis pelampung ini, pemakai harus memiringkan kepala supaya tidak kemasukan air. Pelampung ini tidak mampu dipergunakan salam waktu yang lama diperairan, dan pemakai perlu mencoba terlebih dahulu.

  • Throwable device

Jenis throwable device memiliki kelebihan, ada bantal/cincin pelampung yang dirancang untuk dilempar ke perairan, digunakan untuk membantu orang yang kesulitan berenang. Kekurangan dari pelampung jenis ini adalah bukan untuk orang yang tidak sadar.

  • Spesial use device

Jenis spesial use device memiliki kelebihan, dapat berfungsi sebagai rompi pada saat bekerja, terdapat peralatan peluit dan kemampuan daya apung yang lebih tinggi, disebut juga jaket hybrid atau gabungan. Kekurangan dari jenis pelampung tersebut adalah kurang aman, dan sebenarnya lebih cocok digunakan untuk kondisi iklim atau musim dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU