Mengenal Senam Kesegaran Jasmani

Yuk, Kita simak video Mengenal Senam Kesegaran Jasmani dibawah ini!

Siapa yang tidak kenal dengan senam? Pernahkah kamu melakukan senam? Tentunya pernah bukan, di sekolah pasti pernah diajarkan senam, baik senam lantai maupun senam irama.

Pada senam irama,pernah dikenal Senam Kesegaran Jasmani, atau sering disebut dengan Senam Kesegaran Jasmani. Dalam Mengenal Senam Kesegaran Jasmani, Senam Kesegaran Jasmani merupakan senam massal yang diwajibkan pemerintah Indonesia. Biasanya diriringi oleh lagu berirama dari berbagai propinsi yang diaransemen ulang. Senam ini dilakukan oleh sekelompok peserta besar dan dilakukan di tempat-tempat umum di Indonesia di hari-hari tertentu, biasanya pada Jumat pagi. Senam Kesegaran Jasmani sangat populer pada tahun 80-an dan 90-an pada masa pemerintahan Orde Baru. 

Dalam Senam kesegaran jasmani berbeda dengan Senam Pagi Indonesia. Senam Pagi Indonesia diperkenalkan di akhir tahun 1970-an dengan SPI seri A, B, C, dan D diberlakukan untuk anak-anak sekolah, sedangkan Senam kesegaran Jasmani diperkenalkan pada awal 1984 berdasarkan Surat Perintah Menpora untuk diajarkan kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Jika dilihat dari sejarahnya, Senam Kesegaran Jasmsani merupakan pengembangan dari aktivitas Senam Pagi Indonesia. SKJ 1984 memiliki gerakan yang lebih modern dengan iringan musik dan gerakan yang lebih enerjik. Lagu dan gerakan SKJ terbilang cukup memorabel dikarenakan tayang di televisi dan secara rutin disiarkan sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat.

Pada tahun 1988,

SKJ mengalami perubahan gerakan dan musik pengiring. Hal ini bertujuan untuk memperbaharui gerakan senam, supaya masyarakat tidak bosan dengan gerakan dan iringan yang itu-itu saja. Musik yang digunakan dalam SKJ 1988 merupakan gubahan dari Januar Iskak dan bedurasi sekitar 5 menit.

Pada tahun 1992,

SKJ kembali mengalami perubahan gerakan dan musik pengiring. SKJ 1992 menggunakan musik gubahan Januar Iskak, musik yang digunakan jauh lebih energik dan merupakan gabungan dari beberapa musik tradisional Indonesia (Yamko Rambe-Rambe, Jali-Jali, Tanduk Majeng, Cing Cangkaling, Rasa Sayange, dan Paris Berantai). Durasi pada SKJ 1992 memiliki durasi yang lebih lama yaitu  lebih dari 12 menit. Gerakan SKJ 1992 telah dibagi menjadi 3 bagian di mana masing-masing gerakan memiliki durasi yang sangat panjang, yaitu gerakan pemanasan, gerakan inti, dan gerakan penutup. Lihat juga : https://www.youtube.com/watch?v=GO_8dBShUEs

Mengenal Senam Kesegaran Jasmani
Gambar. Kaset Senam kesegaran jasmani SKJ 1992
Sumber : https://www.kasetlalu.com/product/senam-kesegaran-jasmani-skj-92/

Pada tahun 1994,

SKJ dirilis kembali dan dikenal dengan SKJ 1994. SKJ 1994 memiliki gerakan maupun musik pengiring yang sama dengan  SKJ 1992. Namun pada musik latar SKJ 1994 terdapat instruksi hitungan gerakan.

Selanjutnya paada tahun 1996,

SKJ dirilis kembali dengan iringan musik beraransemen dari FX Sutopo. SKJ 1996 memiliki gerakan yang lebih enerjik dan lebih modern. Durasi yang digunakan hanya sekitar 10 menit, dengan gerakan yang terbagi menjadi 3 bagian, yaitu gerakan pemanasan, gerakan inti, dan gerakan penutup.

Demikianlah sejarah perkembangan SKJ yang pernah terkenal pada masanya. Seiring dengan perubahan pemerintahan, SKJ sudah tidak diwajibkan lagi oleh pemerintah. Namun, beberapa sekolah masih mencoba untuk melestarikan gerakan SKJ, sehingga mereka masih melakukan senam masal SKJ, dengan tujuan untuk mendorong kegeramaran olahraga supaya tercipta tubuh yang sehat dan jiwa yang kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU