Mengatasi Kram Otot

Yuk, Kita simak video Mengatasi Kram Otot dibawah ini!

Siapa yang tidak kenal dengan kram otot? Pernahkah Anda mengalami kram otot? Apa yang Anda rasakan ketika mengalaminya, sakit bukan? Kram otot biasanya terjadi secara tiba-tiba serta terjadi secara tidak disengaja pada satu oto atau lebih. kram membuat otot menjadi keras, dan hal inilah yang membuat otot menjadi terasa sakit. Kram otot terjadi dikarenakan terjadinya kejang otot, tubuh mengalami dehidrasi, sirkulasi mineral yang tidak merata atau masalah lainnya.

Gambar. Cedera kram pada Kaki
Sumber : https://www.sehatq.com/artikel/delapan-penyebab-kram-kaki

Apa yang harus dilakukan ketika Anda mengalami cedera kram otot? Ada beberapa hal atau tindakan yang bisa dilakukan untuk Mengatasi Kram Otot dan membuat kondisi seseorang menjadi lebih baik. Tindakan tersebut adalah sebagai berikut.

Pemijatan

Pemijatan pada otot yang terkena kram merupakan cara yang paling efektif untuk mengatasi dan mengurangi dampak karena bisa membantu otot menjadi rileks. dengan pemijatan, mobiliasi jaringan menjadi lebih lunak serta merangsang sirkulasi aliran darah.

Aliran darah yang lancar dapat membawa oksigen dan nutrisi lainnya menuju ke sel, sehingga membantu membersihkan limbah metabolisme termasuk asam laktat yang tertumpuk di otot.

Kompres dengan Air Hangat

Mengompres dengan sesuatu yang hangat bisa memperbaiki flesibilitas tendon dan juga ligamen, mengurangi rasa sakit, meningkatkan aliran darah, dan metabolisme, serta mengurangi kejang otot. Sifat hangat yang dialirkan dapat merangsang pelepasan zat endorfin yang dapat menghambat rasa sakit.

Melakukan peregangan atau streching

Peregangan merupakan salah satu cara mengatasi jangka pendek untuk kram. Arah yang dilakukan untuk menahan peregangan tergantung dari otot mana yang mengalami kram. Sbaiknya Anda melakukan peregangan sebelum dan setelah latihan. hal ini berguna untuk pemanasan bagi otot dengan melakukan berjalan di tempat atau berjalan cepat.

Mengonsumsi cairan

Beberapa kasus kram terjadi karena disebabkan oleh dehidrasi, sehingga mengonsumsi air lebih banyak bisa membantu meringankan kram. Sesorang yang melakukan olahraga akan mengalami peningkatan suhu tubuh, sehingga konsumsi air harus lebih banyak dari biasanya untuk mencegah dehidrasi yang dapat menyebabkan kram otot.

Itulah beberapa cara atau teknik yang dapat dilakukan untuk mengatasi terjadi kram otot saat kita berolahraga. Untuk itu selalu lakukan pemanasan ketika akan melakukan olahraga maupun aktivitas fisik yang berat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU