Musik Tradisional Nusantara

Yuk, Kita simak video Musik Tradisional Nusantara dibawah ini!

Indonesia memiliki beragam jenis kebudayaan. Salah satu ragam jenis kebudayaan tersebut terdapat pada seni musiknya. Ada dua jenis Seni musik yang ada di Indonesia yakni seni musik tradisional dan seni musik modern. Sesuai dengan judul yang tercantum, di sini akan dijelaskan mengenai seni musik tradisional. Seni Musik Tradisional Nusantara merupakan jenis seni musik yang diperoleh secara turun temurun, yang ditampilkan dengan tujuan sebagai sarana hiburan masyarakat. Musik tradisional di Indonesia memiliki beragam jenis, menyesuaikan dengan adat dan kebiasaan yang ada di daerah masing-masing. Lalu, apa saja sih jenis-jenis musik tradisional yang ada di nusantara ini? Perhatikan pernjelasan di bawah ini!

Musik Gambang Kromo

Gambar: Permainan Musik Gambang Kromo
Sumber: http://encyclopedia.jakarta-tourism.go.id/

Jenis musik tradisional yang pertama berasal dari daerah Betawi yang bernama Gambang Kromo. Dinamakan Gambang Kromo karena dalam permainan musik ini menggunakan alat musik gambang dan juga kromo. Musik Gambang Kromo merupakan perpaduan antara musik Betawi dengan musik Tionghoa. 

Musik Keroncong

Jenis musik tradisional selanjutnya yakni musik keroncong. Sebenarnya, musik keroncong bukanlah musik asli Indonesia, musik ini berasal dari Portugis. Setelah bangsa Portugis meninggalkan Indonesia, masyarakat pribumi tetap memainkan musik ini namun ditambah lagi dengan instrumen lain seperti seruling dan beberapa alat gamelan. Musik keroncong ini terdiri dari alat musik suling, gendang, kontrabas, ukulele, biola, dll. 

Gambar: Permainan Musik Keroncong
Sumber: https://www.goodnewsfromindonesia.id/

Musik Karang Dodou

Jenis musik tradisional selanjutnya yakni musik Karang Dodou. Musik Karang Dodou berasal dari Kalimantan Timur, tepatnya di Tanah Siang, Barito Utara. Musik ini biasanya dimainkan sebagai iringan ritual dan acara tertentu, yakni upacara memandikan dan memberi nama bayi serta menyembuhkan orang sakit. Lagu-lagu yang dibawakan dalam musik Karang Dodou tentang mantra-mantra yang berisi doa. 

Gambar: Permainan Musik Karang Dodou
Sumber: https://www.silontong.com/

Musik Tabuh Salimpat

Jenis musik tradisional selanjutnya yakni musik Tabuh Salimpat. Musik Tabuh Salimpat merupakan musik tradisional khas dari Jambi. Alat utama yang digunakan untuk memainkan musik ini ialah kerenceng dan gambus lunik serta diiringi dengan alat musik lainnya seperti rebana dan gitar. 

Gambar: Alat Musik Kerenceng    
    Sumber: https://semuatentangprovinsi.blogspot.com/
Gambar: Alat Musik Gambus Lunik
Sumber: http://malahayati.ac.id/

Musik Krumpyung

Jenis musik tradisional selanjutnya berasal dari Yogyakarta yakni Musik Krumpyung. 

Gambar: Permainan Musik Krumpyung
Sumber: https://docplayer.info/

Musik Krumpyung dimainkan dengan alat musik angklung yang nadanya mirip dengan gamelan Jawa. Bedanya, dalam permainan musik Krumpyung gongnya ditiup atau dipukul supaya mengeluarkan bunyi. 

Itulah beberapa penjelasan tentang jenis-jenis musik tradisional yang ada di Nusantara. Meski saat ini perkembangan zaman sudah modern, diharapkan Anda terus melestarikan keberadaan musik tradisional yang ada di Nusantara (https://faseberita.id/).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU