Mengenal Ragam Seni Rupa

Yuk, Kita simak video Mengenal Ragam Seni Rupa dibawah ini!

Pernahkah Anda membuat sebuah karya seni rupa? Karya seni rupa merupakan cabang karya seni yang membentuk karya dengan media yang bisa ditangkap mata dan dapat dirasakan dengan rabaan yang diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahyaan dengan melihat estetikanya. Dalam Mengenal Ragam Seni Rupa Dilihat dari fungsinya, karya seni rupa dapat dibagi menjadi dua, yakni karya seni rupa murni dan karya seni rupa terapan. Nah di bawah ini akan dijelaskan ragam karya seni rupa murni. Apa saja itu? Perhatikan penjelasan di bawah ini!

Seni Lukis

Gambar: Gambar seni lukis
Sumber: https://ilmudasar.id/pengertian-seni-lukis/

Seni lukis merupakan kegiatan mengolah media dua dimensi atau bahkan tiga dimensi untuk mendapatkan kesan tertentu. Media yang digunakan dalam melukis bisa berbentuk kain, kanvas, kertas, dan papan. Alat-alat yang digunakan pun beragam asalkan alat tersebut dapat memberikan kesan imaji tertentu. Seni lukis merupakan pengembangan yang lebih utuh dari menggambar.

Seni Grafis

Seni Grafis merupakan cabang karya seni rupa yang pembuatannya dengan teknik cetak. Media yang biasa digunakan dalam seni grafis ini yakni kertas, kayu atau mungkin kain. Hasil dari karya seni grafis yakni spanduk, papan reklame, stempel, kaos sablon dan masih banyak lagi.

Seni Ilustrasi

Seni ilustrasi merupakan cabang seni rupa berupa gambar atau lukisan yang memiliki fungsi untuk memperjelas suatu tulisan atau kejadian sehingga pembaca dapat memahami makna tulisan dengan mudah. Yang termasuk dalam seni ilustrasi yakni komik, kover, dan majalah. 

Seni Patung

Seni patung merupakan ragam seni rupa yang berbentuk tiga dimensi. Dikatakan tiga dimensi karena patung memiliki volume. Seni patung dikenal sebagai seni yang memiliki bentuk yang memiliki keindahan, karena seni patung dapat dibuat sesuai dengan keinginan seniman. Patung bisa saja berbentuk seperti manusia, hewan, dan bentuk apa saja selama masing memiliki volume. 

Nah, itulah jenis-jenis karya seni rupa murni. Karya-karya tersebut sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari dan hanya berfungsi sebagai hiasan saja. Hal ini selaras dengan fungsi karya seni rupa murni yakni karya seni yang dibuat hanya untuk dinikmati nilai estetikanya saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU