Obesitas

Yuk, Kita simak video Obesitas dibawah ini!

Pernahkah Anda mendengar istilah obesitas? Obesitas merupakan kelebihan berat badan atau biasa disebut dengan kegemukan. Obesitas biasanya menjadi permasalahan yang cukup berat bagi remaja putri. Dikarenakan mereka berkeinginan untuk tampil sempurna dalam artian memiliki tubuh yang ramping atau langsing serta proporsional. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat bebas dari kegemukan, maka pelajarilah apa saja yang menyebabkan kegemukan, dan bagaimana mencegah terjadinya kegemukan atau obesitas.

Penyebab obesitas pada remaja

Pola makan yang tidak sehat

Pola makan yang tidak teratur serta asupan gizi berlebih akan beresiko mengalami obesitas atau kegemukan. Jenis makanan yang dikonsumsi juga memengaruhi tingkat kegemukan. Jenis makanan yang mengandung tinggi kalori seperti makanan fasf food atau cepat saji, makanan goreng-gorengan, minuman softdrink yang mengandung kalori tinggi.

Gambar Contoh makanan cepat saji
Sumber : https://suarapalu.com/kreasi-seru-mengolah-buah-buahan/

Kurangnya aktivitas fisik

Jadwal pelajaran yang padat, tugas yang sekolah yang begitu padat secara tidak langsung membatasi waktu olahraga anak/remaja. Dan semakin bertambahnya gadget seperti handphone dan tablet semakin berkurangnya aktivitas fisik. Saat ini para remaja lebih menghabiskan waktunya untuk bermain gadget di dalam rumah dibandingkan bermain dengan teman di luar rumah seperti bermain bola atau bersepeda bersama teman-teman mereka.

Obesitas
Gambar Seorang anak bermain gadget
Sumber : https://www.suara.com/

Memilki anggota keluarga yang obesitas

Setiap anggota keluarga biasanya memiliki kecenderungan meniru kebiasaan anggota keluarga yang lain. terutama jika terdapat anggota keluarga yang obesitas.

Langkah mencegah Obesitas

Pola makan yang sehat

Makanan yang kita konsumsi sehari-hari hendaknya memiliki kandungan gizi yang cukup, misalnya karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Selain memiliki gizi yang cukup, hendaknya makan yang dikonsumsi tidak boleh berlebihan. Berikut cara mengatur pola makan untuk mendapatkan asupan gizi yang cukup.

  • Anda harus dapat menahan keinginan untuk makan di luar jam makan. Pada saat menonton film atau menonton televisi hendaknya tidak makan karena saat menonton televisi dapat membangkitkan keinginan makan.
  • Anda perlu megnubah perilaku makan, seperti mengatur porsi dan jenis makanan yang dikonsumsi. Makanan camilan hendaknya juga dikurangi atau mengubah jenis makanan camilan. Makan camilan dapat diganti dengan buah-buahan segar dalam bentuk potongan kecil-kecil. Hindari dalam bentuk jus buah, dikarenakan jus buah banyak mengandung kalori yang berlebih karena adanya penambahan gula.
  • Pada saat menghadiri pesta atau undangan teman, pilihlah makanan yang memiliki kandungan kalori rendah seperti sayur dan buah, serta makanan yang tidak digoreng. Hindarilah makanan yang mengandung karbohidrat berlebih seperti aneka jenis kue yang manis. Namun apabila semua jensi makanan tersebut sulit dihindari, imbangi dengan melakukan oleharaga tambahan sebelum atau sesudah berpergian.

Aktivitas fisik yang teratur

Makanan yang Anda konsumsi mengandung kalori. Besarnya kalori tergantung dengan jenis dan jumlah makanan yang Anda konsumsi tersebut. Kalori yang kita masukkan ke dalalm tubuh berfungis untuk menunjang aktivitas tubuh. Untuk itu, supoaya kalori tidak menumpuk pada tubuh yang akan disimpan dalam bentuk lemak tubuh, hendaknya Anda harus tetap melakukan aktivitas fisik. Misalnya berolahraga minimal 60 menit setiap hari dengan intensitas sedang. Olahraga yang dapat dilakukan misalnya adalah jalan cepat, bersepeda, atau jogging. Atau jika sedang berada di mall, gunakan tangga daripada lift untuk membakar kalori tubuh lebih banyak.

Memonitor kondisi tubuh

Anda hendaknya memperhatikan bagaimana kondisi berat badan, asupan makanan, dan aktivitas fisik yang Anda lakukan setiap hari serta mencatat perkembangan perkembangan tubuh Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU