Latihan Menambah Kecepatan Renang

Yuk, Kita simak video Latihan Menambah Kecepatan Renang dibawah ini!

Jika Anda sudah bisa berenang dengan benar? Jika ingin mengoptimalkan kemampuan berenang, Anda harus berusaha memperbaiki teknik dan mental Anda, sekaligus bersikap disiplin dalam Latihan Menambah Kecepatan Renang . Namun, yang paling penting adalah memastikan teknik Anda sudah benar, karena jika tidak, segala latihan yang Anda lakukan tidak akan memberi hasil maksimal. Dan pastinya kamu akan berpikir bagaimana memiliki kecepatan yang tinggi. Bagaimana langkah-langkah untuk mendapatkan kecepatan yang lebih?

Berikut beberapa teknik yang dapat meningkatkan kecepatan renang:

Teknik bernapas

Sebaiknya Anda menggunakan pernapasan bilateral, yaitu teknik pernapasan dengan cara mengambil napas di setiap kayuhan ketiga, kelima, atau ketujuh, jika Anda memiliki paru-paru yang kuat. Namun bernapas dengan sisi yang bergantian juga akan menghasilkan kayuhan renang yang lebih simetris.

Gerakan memutar tubuh

Untuk menghasilkan efisiensi gerak yang baik, diperlukan gerakan memutar badan. Gerakan memutar badan memungkinkan otot punggung  Anda memulai kayuhan dan putaran yang baik.

Gerakan Tangan

  1. Masukkan tangan ke dalam air dan sejajar dengan bahu, posisi tangan berada di tengah-tengah antara kepala dan satu tangan lurus terhadap satunya.
  2. Masukkan ujung jari ke permukaan air terleb ih dahulu, dan ikuti dengan telapak tangan membelah permukaan air.
  3. Kekuatan diporoskan pada siku, bukan pada pundak untuk mengoptimalkan kecepatan.
  4. Usahakan gerakan tangan Anda mengayun hingga ke bawah poros tubuh Anda di air dan percepat dayungan. Ketika mendayung, usahakan agar posisi tangan sedekat mungkin dengan tubuh serta usahakan agar rentangan tangan ke depan sejauh mungkin.
  5. Kemudian siku yang lain keluar air untuk memulai kayuhan berikutnya.

Posisi tubuh

Posisi tubuh diatur sedemikian rupa supaya tenaga pada otot dapat meningkat sambil meminimalisir tekanan dan gesekan. Lurus dan sejajar dengan air adalah kunci posisi renang yang baik untuk membuat berenang kita lebih cepat sekaligus efisien.

Gerakan menangkap air

Langkah berikutnya untuk mendapatkan kecepatan yang lebih cepat, diperlukan mentransferkan tenaga dari tubuh perenang ke air dengan cara menangkap air. Tangan dan lengan harus dalam posisi benar dan tak akan menjadi efisien apabila yang digunakan hanyalah tangan. Daya cengkeram pada air tak akan maksimal atau justru tak ada sama sekali bila hanya menggunakan tangan, jadi lengan pun perlu berpartisipasi supaya gerakan renang lebih cepat.

Gerakan menekan maju

Seluruh otot tubuh dapat digunakan untuk menekan air, terutama bagian otot punggung dan dada. ketika melakukan penekanan, rasakanlah otot dada dan punggung menarik lengan dari atas menuju bagian belakang atau bawah dada. Permisalannya seperti kita perlu menangkap air terlebih dahulu, kemudian air ditekan setelahnya. Tubuh akan terasa menyentah ke arah lengan di depan sewaktu penekanan.

Memakai topi renang

Topi renang biasanya memiliki kemampuan fungsi untuk menarik rambut. Dengan mengenakan topi renang, diharapkan untuk bisa berang lebih cepat dikarenakan jumlah gesekan dengan air berkurang.

Konsisten dalam latihan

Langkah yang paling mudah dalam usaha meningkatkan kecepatan berenang adalah dengan mengkonsistenkan latihan. Dengan konsistensi latihan, tubuh akan terbantu lebih bugar sehingga otomatis berenang lebih cepat pun kemungkinannya jauh lebih besar.

Demikanlah bebrapa cara atau teknik yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kecepatan renang Anda. janganpernah berputus asa, alkukan dengan benar, sungguh-sungguh, dan konsisten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENU